Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin terus mendorong pemakaian dan konsumsi batik Indonesia, di mana setiap kesempatan, masyarakat diminta memprioritaskan penggunaan batik.

Saleh menyampaikan hal tersebut pada acara peresmian Pesona Batik Pesisir Utara Jawa Barat yang digelar oleh Yayasan Batik Jawa Barat di Jakarta.

“Bagaimana caranya berkontribusi industri batik? Cara yang mudah dan konkret, dengan kita memakai dan membeli batik Indonesia sama juga turut menghidupkan para pembatik skala kecil, menengah hingga besar,” kata Saleh melalui siaran pers di Jakarta, Kamis.

Sedangkan bagi pelaku usaha, lanjutnya, baik yang tengah merintis maupun telah mengembangkan bisnis batik, menjual dan mempromosikan batik juga termasuk cara melestarikan batik, selain mendapatkan keuntungan materi.

Oleh karena itu, Saleh mengaku sangat mengapresiasi pelaku usaha dari pembatik hingga desainer yang terus berkarya memproduksi batik sehingga menjadi bagian ekonomi kreatif.

Motif-motif tradisional pun giat diangkat dan yang kontemporer juga diciptakan. “Saya perhatikan, setiap daerah memiliki batik khas masing-masing dan makin ke sini motif dan potongan bajunya semakin menarik. Ini yang membuat anak-anak muda semakin bangga memakai batik,” ujarnya.

Lebih luas lagi, menurutnya, semakin sering memakai batik Indonesia maka batik khas Tanah Air akan semakin mendunia.

“Saat ini yang perlu kita waspadai adalah persaingan dengan Malaysia, Cina dan Singapura yang juga telah memproduksi batik," kata Saleh.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016