Kualifikasi Piala Eropa 2020

Swedia cukur Malta, Rumania berjaya di Kepulauan Faroe

Swedia cukur Malta, Rumania berjaya di Kepulauan Faroe

Penggawa tim nasional Swedia Sebastian Larsson (kiri) beraksi di bawah kawalan bek Malta Joseph Mbong dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Nasional Ta'Qali, Malta, Sabtu (12/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Darrin Zammit Lupi)

Jakarta (ANTARA) - Swedia mencukur Malta 4-0 dalam laga ketujuh Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Minggu dini hari WIB ketika di pertandingan lain yang berlangsung lebih awal Rumania berjaya di Kepulauan Farore menundukkan tuan rumah 3-0.

Swedia yang bertandang ke Stadion Nasional Ta’Qali, membukukan kemenangan 4-0 atas tuan rumah berkat gol-gol yang dicetak Marcus Danielson, dua penalti Sebastian Larsson serta satu gol bunuh diri Andrei Agius.

Danielson membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-11 lewat sepakan kaki kirinya menyambut umpan silang Pierre Bengtsson dari sepak pojok.

Lantas pada menit ke-58 Larsson menggandakan keunggulan Swedia lewat titik putih menyusul pelanggaran keras Joseph Mbong terhadap Andreas Granqvist.

Delapan menit kemudian, Swedia menambah keunggulan menjadi 3-0 saat umpan silang Robin Quaison membentur Kurt Shaw dan Agius sebelum bersarang ke dalam gawang Malta sebagai gol bunuh diri.

Baca juga: Dua gol tercipta di akhir laga, Norwegia imbangi Swedia 3-3

Kemenangan Swedia digenapi menjadi 4-0 lewat eksekusi penalti kedua Larsson pada menit ke-71 setelah Quaison dijatuhkan Jonathan Caruana di dalam area terlarang.

Hasil itu membuat Swedia mempertahankan tempatnya di posisi kedua klasemen dengan koleksi 11 poin, sedangkan Malta (3) tertahan di urutan kelima.

Rumania jaga asa

Dalam laga lain yang berlangsung lebih awal di Stadion Torvollur, Rumania berjaya dengan kemenangan 3-0 atas tuan rumah Kepulauan Faroe demi menjaga asa untuk lolos ke putaran final.

Rumania menang berkat gol-gol yang dicetak George Puscas, Alexandru Mitrita dan Claudiu Keseru di laga tersebut.

Baca juga: Norwegia tunda kelolosan Spanyol

Hasil itu membuat Rumania kini mengumpulkan 10 poin dan tetap berada di peringkat ketiga klasemen dan masih memiliki asa untuk lolos mengingat mereka hanya terpaut satu poin dari Swedia di posisi kedua.

Di sisi lain, kemenangan Rumania juga membuat Spanyol yang gagal menang di laga lain batal memastikan kelolosan ke putaran final lantaran jarak delapan poin masih bisa terkejar dalam tiga pertandingan ke depan.

Rumania akan melanjutkan perjuangan mereka saat menjamu Norwegia di Bucharest pada Rabu (16/10) dini hari WIB, ketika di pertandingan lain Spanyol bertandang ke Swedia.

Sementara itu dua tim semenjana Kepulauan Faroe dan Malta akan bertemu dalam laga lainnya.

Baca juga: Italia pastikan tempat di putaran final usai tekuk Yunani 2-0

Baca juga: Belgia jadi tim pertama lolos ke putaran final
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar