Tips merawat jaket dan sepatu "custom"

Tips merawat jaket dan sepatu "custom"

Pengerajin Never Too Lavish melukis sepatu "custom". (Instagram/Nevertoolavish)

Jakarta (ANTARA) - Tren busana street wear yang kasual dan santai, masih menjadi idola banyak orang, terutama anak muda di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Gaya busana ini identik dengan graphic t-shirt, hoodie, jaket, hingga sepatu sneakers. Dengan warna dan model yang tidak terlalu mencolok, maka tak mengherankan tren custom di dalam style ini muncul di antara para penggemarnya.

"Orang-orang banyak yang mau punya barang yang beda sendiri. Maka dari sanalah jaket sampai sepatu custom itu ada," kata Muhammad Azka dari spesialis barang custom, Never Too Lavish di Jakarta, Jumat.

Selain unik dari sisi desain maupun pembuatannya, barang custom memiliki cara perawatan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan barang yang belum dimodifikasi, karena umumnya barang custom didesain dengan menggunakan cat tertentu.

Tips pertama adalah jangan mencuci sembarangan. Menurut Azka, semakin sering jaket atau sepatu custom dicuci, ditakutkan intensitas warnanya akan menurun dengan cepat pula.

"Perawatannya, jangan dicuci sembarangan dan terlalu sering, terutama buat jaket sama sepatu. Tidak ada waktu tertentu untuk mencucinya, sih, tergantung pemakaian," kata dia.

Baca juga: Gaya Jokowi dan sepatu sneakers

Namun, pria dari brand yang membuat jaket custom NKRI yang pernah dikenakan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu itu pun mengatakan, jika ingin mencuci, ia menyarankan untuk dicuci secara dry clean.

"Dan buat mencuci, saya lebih rekomen buat dicuci secara dry clean saja. Pokoknya jangan sembarangan dan jangan terlalu sering," paparnya.

Tak hanya itu, pemilik jaket maupun sepatu custom juga sebaiknya mengerti seperti apa bahan yang dimiliki oleh produknya itu, sehingga bisa menyesuaikan perawatan yang lain dengan hati-hati.

Baca juga: Nike keluarkan sneakers bertema Overwatch
Baca juga: Kiat memadukan sneakers dengan celana bahan

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Memikat wisatawan dengan parade kostum

Komentar