Tenis

Tundukkan Wawrinka, Nadal ke perempat final Paris Masters

Tundukkan Wawrinka, Nadal ke perempat final Paris Masters

Petenis Spanyol Rafael Nadal berselebrasi seusai mengalahkan petenis Kroasia Marin Cilic pada pertandingan babak keempat US Open di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Selasa (3/9/2019). ANTARA FOTO/USA TODAY Sports via Reuters/Robert Deutsch/pras.

Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal maju ke perempat final turnamen tenis Paris Masters setelah mencatat kemenangan 6-4, 6-4 atas petenis Swiss Stan Wawrinka di Paris, Prancis, Kamis.

Petenis asal Spanyol, yang akan mengambil alih posisi nomor satu dunia dari Novak Djokovic pada Senin mendatang, mengonversi dua dari tiga kesempatan break point untuk merebut kemenangannya yang ke-19 dari 22 kali pertemuan dengan petenis Swiss tersebut.

Juara Grand Slam 19 kali itu pada pertandingan selanjutnya akan menghadapi petenis favorit tuan rumah Jo-Wilfried Tsonga, yang mengalahkan petenis Jerman Jan-Lennard Struff 2-6, 6-4, 7-6(6).

“Saya pikir permainan saya berjalan baik. Untuk pengembalian hari ini bagi saya agak sedikit sulit,” kata Nadal, yang sempat meminta waktu jeda medis untuk menangani masalah pada perutnya, seperti dilaporkan Reuters.

Baca juga: Nadal atasi petenis tuan rumah ke babak ketiga Paris Masters

"Saya pikir saya tidak melakukan pengembalian sebagus yang saya lakukan pada hari-hari sebelumnya. Tapi benar bahwa Stan selalu memiliki servis yang bagus dan sulit untuk dibaca,” kata Nadal.

Hasil tersebut mengakhiri harapan Wawrinka untuk lolos ke turnamen penutup musim ATP Finals, dan menyisakan petenis Prancis Gael Monfils dan petenis Italia Matteo Berrettini untuk memperebutkan satu tiket tersisa turnamen yang akan digelar di London pada 10-17 November tersebut.

Monfils, yang perlu mencapai empat besar untuk melompati Berrettini dalam perburuan ke London setelah petenis Italia itu tersingkir pada babak kedua Paris Masters, mengalahkan petenis Moldova Radu Albot 4-6, 6-4, 6-1.

Petenis Prancis itu sempat kehilangan angka dari servisnya pada set kedua sebelum kemudian bermain lebih lepas dan meluncur pada set penentuan untuk maju ke pertandingan selanjutnya melawan petenis Kanada Denis Shapovalov.

Sementara itu unggulan teratas Djokovic harus bekerja keras pada set pertama sebelum memastikan diri ke perempat final dengan kemenangan 7-6(7) 6-1 atas petenis Britania Kyle Edmund.

Baca juga: Djokovic butuh tambahan poin untuk duduki peringkat pertama ATP Finals

Juara Grand Slam 16 kali itu pada pertandingan selanjutnya akan menghadapi unggulan ketujuh asal Yunani Stefanos Tsitsipas yang menundukkan petenis Australia Alex De Minaur 6-3 6-4.

Petenis unggulan kelima Dominic Thiem dikalahkan 3-6, 2-6 oleh petenis Bulgaria Grigor Dimitrov, yang akan bermain pada perempat final pertamanya di turnamen tingkat Masters sejak turnamen di Kanada pada 2018.

Dimitrov akan menghadapi petenis Chile Cristian Garin, yang mengalahkan petenis Prancis Jeremy Chardy 6-7(4), 6-4, 7-6(6).

Unggulan keenam asal Jerman Alexander Zverev juga tersingkir setelah dikalahkan Shapovalov dalam pertandingan yang berakhir 6-2, 5-7, 6-2.

Baca juga: Fabio Fognini tersingkir dari persaingan ke turnamen ATP Finals

Baca juga: Medvedev alami kekalahan dini yang mengejutkan di Paris

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar