Jatinangor, Jabar (ANTARA News) - PT HM Sampoerna Tbk membantah jika "Roadshow Sampoerna Rescue 2009" yang dilaksanakan di beberapa kampus universitas di Indonesia adalah sebagai ajang promosi rokok.

"Ini murni bertujuan mengajarkan dan meningkatkan ketanggapan masyarakat ketika terjadi bencana," kata Fajar Kurniawan, CSR & Contribution Department PT HM Sampoerna Tbk kepada wartawan disela-sela seminar "Sampoerna Rescue Roadshow" di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran (Unpad) Kampus, Jatinangor, Selasa.

"Roadshow Rescue" juga dilaksanakan di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogyakarta, dan Surabaya, hanya merupakan salah satu dari program Corporate Sosial Responsibility Sampoerna.

"Bagi Sampoerna, CSR adalah bagaimana meminimalkan dampak negatif produksi dan memaksimalkan produksi kita," ucap Fajar.

Sampoerna memilih universitas dan mahasiswa sebagai sasaran acara karena mahasiswa dianggap sudah dewasa untuk memilih apa yang mereka diberikan pada mereka.

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang bisa menjadi virus bagi sekitarnya, ujarnya.

Fajar mengatakan mereka masih berpikir ulang jika harus melakukan acara yang sama dengan sasarannya adalah anak kecil dan remaja.

"Masyarakat tentu berpersepsi jika program yang kami lakukan semata-mata hanya untuk promosi perusahaan, " ucap Fajar.

Ketika ditanya apakah acara ini merupakan salah satu upaya Sampoerna dalam mempertahankan eksistensinya terkait fatwa MUI tentang larangan rokok, Fajar menolak berbicara apapun.

Tujuan Sampoerna semata-mata adalah memberikan sumbangsih kepada kehidupan masyarakat, kata Fajar.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009