Jakarta (ANTARA News) - Puluhan warga yang tergabung dalam Solidaritas Nasional Peduli Harkat dan Martabat Bangsa, menggelar malam renungan bagi David Hartanto (21), mahasiswa asal Indonesia yang tewas di Singapura, di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Senin.

Selain menghadirkan puluhan aktifis, aksi solidaritas dan dukungan terhadap keluarga David Hartanto juga dihadiri Ketua Komnas (Komisi Nasional) Perlindungan Anak dan Aktifis Perempuan, Ratna Sarumpaet.

?Kami merupakan komunitas `Facebook? dan masyarakat yang peduli terhadap harkat dan matrabat bangsa secara spontan menggelar kegiatan ini, untuk memberikan dukungan moril kepada keluarga David Hartanto dan siapapun yang peduli terhadap kasus yang menimpa anak negeri yang kami anggap sebagai pahlawan pendidikan itu,?ungkap Ketua Umum IP-PSMTI (Ikatan Pemuda Sosial Marga Tionghoa Indonesia), Wilayah DKI Jakarta, Ardi Susanto, ditemui Senin malam.

Kematian mahasiswa tingkat akhir dari Fakultas Teknis Elektro dan Mesin. Nanyang Technological University (NTU) Singapura pada 2 Maret 2009 lalu kata dia, mengundang keprihatinan yang cukup mendalam sebab, David Hartanto dilaporkan tewas bunuh diri dengan cara terjun dari kampusnya setelah menusuk Profesor Chan Kap Luk,, profesor Teknik Informatika NTU.

?Banyak kejanggalan atas kematian David Hartanto sehingga kami mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan kepada keluarga almarhum. Aksi ini bukan hanya dilakukan satu kelompok tetapi semua elemen masyarakat termasuk aktifis perempuan, Ketua Komnas Perlindungan Anak serta tokoh lintas agama,?kata Ardi Susanto.

Sementara, salah seorang Panitia Pelaksana Malam Renungan Peduli Harkat dan Martabat Bangsa, Ine, mengatakan, rangkaian acara yang berlangsung mulai pukul 20. 00 hingga 21. 00 WIB itu dimulai dengan menyanyikan lagu Ibu Pertiwi disusul menyalakan Lilin Perkabungan bagi almarhum David Hartanto.

Selain membagi-bagikan bunga kepada warga, acara juga diisi kata Ine dengan Pembacaan Refleksi oleh Seto Mulyadi dan pengucapan Petisi yang dibawakan Ratna Sarumpaet.

?Dukungan terhadap kasus kematian David Hartanto yang mulai disidangkan pada 20 Mei 2009 mendatang akan kami terus lakukan, termasuk kami berencana menggelar aksi demo di depan Kedutaan Besar Singapura serta melakukan pertemuan dengan pihak Kedubes Singapura pada 7 Mei mendatang,?ujar Ine.

David Hartanto merupakan mahasiswa asal Indonesia yang juga dikenal sebagai mantan Presiden Klub Olahraga Mahasiswa Elektro di NTU Singapura.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009