Madrid (ANTARA News/Reuters) - Tunggal puteri nomor tiga dunia Venus Williams menyusul saudaranya Serena tersingkir dari turnamen tenis Madrid Terbuka, Selasa, ketika kalah 6-3 3-6 7-5 dari remaja Rusia non unggulan, Alisa Kleybanova, pada putaran kedua.

Petenis AS itu dipatahkan servisnya sampai tujuh kali oleh lawannya dari Moskow yang berusia 19 tahun dan menempati urutan ke-26 dunia itu, sehari setelah Serena mundur dari putaran pertama karena cedera kaki saat melawan Francesca Schiavone.

Kleybanova, yang mengalahkan Ana Ivanovic di Australia Terbuka tahun ini, memimpin 5-4 pada set terakhir sebelum Williams melakukan pembalasan.

Tetapi petenis Rusia itu kembali mematahkan servis lawannya pada game berikutnya dan tanpa membuat kesalahan membukukan kemenangan ketika bola panjang yang dilesatkannya ke daerah Williams, tidak dapat dikembalikan petenis Amerika itu.

"Pertandingan itu tidak bagus, terlalu datar bagi saya dan itu membuat dia mendapatkan rasa percaya diri tinggi dan itu merupakan peluang bagi dia," kata Williams dalam temu pers.

Dengan berlangsungnya turnamen Prancis Terbuka pada akhir bulan ini, salah satu dari dua grand slam bersama Australia Terbuka yang belum dimenanginya, Williams mengatakan kekalahan itu tidak perlu dibawa ke hati demi persiapan ke turnamen berikutnya.

"Saya kira saya bermain bagus dan begerak cepat di lapangan. Masih ada turnamen lain yang harus saya ikuti dan saya memfokuskan perhatian secara positif ke arah itu," katanya.

Petenis nomor empat dunia Jelena Jankovic menang dengan 7-5 6-2 atas petenis Slovakia, Daniela Hantuchova.

Petenis Serbia itu berjuang keras dengan kebugaran fisiknya serta pemikiran terhadap ibunya yang sedang sakit awal musim ini, tetapi penampilannya kelihatan sudah bagus.

Mantan petenis nomor satu dunia itu selanjutnya akan bertemu dengan pemenang pertandingan putaran kedua Rabu, antara Virginie Razzano dari Prancis dan petenis kualifikasi dari Rusia, Elena Vesnina.

"Saya rasa permainan saya semakin bagus dan saya semakin merasa memiliki rasa percaya diri tinggi dan itu merupakan hal positif bagi saya," kata Jankovic.

Unggulan kesembilan dari Denmark, Caroline Wozniacki, juga maju ke putaran ketiga, setelah mengalahkan petenis kualifikasi dari AS Varvara Lepchenko 6-3 6-1 dan Amelie Mauresmo dari Prancis menyudahi harapan petenis dari Cina, Zheng Jie, 6-2 7-5.

Petenis pertama dunia saat ini, Dinara Safina, yang mendapat "bye" ke putaran kedua, akan bertemu dengan petenis Cina lainnya Li Na, Rabu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009