Manado (ANTARA News) - Pengibaran bendera merah putih dalam peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2009 ini, akan dilakukan di bawah laut oleh para penyelam.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul di Manado, Kamis, mengatakan pengibaran bendera tersebut akan dilakukan di kedalaman sekitar 10 sampai 15 meter sekitar 25 menit, tepat pada detik-detik proklamasi ke-65 tahun.

"Seluruh komponen bangsa akan ikut dalam peringatan HUT kemerdekaan di bawah air ini, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Organisasi kepemudaan dan seluruh elemen masyarakat, berkenaan dengan Sail Bunaken," katanya.

Upacara bendera di bawah air ini, akan menjadi salah satu acara yang paling menarik, karena bertepatan dengan Sail Bunaken yang dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh dunia.

Sementara itu, pantauan ANTARA News, panggung kehormatan di area gerbang boboca pantai Malalayang Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sudah selesai dibangun, ditandai dengan dipasangnya karpet merah di panggung utama.

Panggung kehormatan ini akan menjadi lokasi duduk para tamu VIP, sementara yang kedua berada di belakangnya juga telah selesai dibuat.

"Di sekitar panggung kehormatan sudah dipasang umbul-umbul biru kuning dan bendera Merah Putih, sehingga nampak bagus," kata seorang warga Malalayang bernama Yull, yang selalu datang setiap hari untuk melihat keramaian di tempat tersebut.

Sementara itu, Jumat 14 Agustus panggung kehormatan dan bangsal kedua yang ada di belakangnya akan disterilkan oleh aparat keamanan sebab akan ditempati tamu. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009