Manado (ANTARA News) - Sejumlah peserta Sail Bunaken, menyaksikan kegiatan karnaval budaya yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, dalam rangka memperingati Proklamasi 17 Agustus, Kamis.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemkot Bitung, LJ Macawalang, di Bitung, Kamis mengatakan, pelaksanaan karnaval mendapat perhatian dari para peserta Sail Bunaken.

"Pawai yang menampilkan berbagai seni budaya kota Bitung dan Provinsi Sulawesi Utara itu ikut dihadiri dan disaksikan sejumlah peserta Sail Bunaken," katanya.

Dia mengatakan, kehadiran tersebut membuat panitia memberikan kesempatan kepada salah seorang peserta untuk melepas sebuah kelompok pawai tersebut.

Melalui karnaval ini, diinformasikan antara lain potensi budaya daerah, kepada masyarakat maupun pengunjung yang datang dari berbagai negara itu.

"Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini seni budaya kota Bitung dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dapat lebih dikenal pendatang dari luar negeri itu," katanya.

Koordinator Panitia kegiatan karnaval, Kasim Mamonto mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 45 peserta terdiri dari pelajar, organisasi kemasyarakatan, kelurahan dan perusahaan.

Setiap peserta menampilkan berbagai potensi seni budaya yang dimiliki, serta menggambarkan aktivitas kehidupan masyarakat kota itu.

"Berbagai seni budaya seperti pakaian adat, musik daerah, di tampilkan pada pawai ini," katanya.

Pawai tersebut dimulai dari Taman Kesatuan Bangsa, melawati sejumlah ruas jalan di kota itu dan selesai di Lapangan Maesa.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009