Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa

Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa

ilustrasi produk-produk makeup (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Membuang kosmetik kesayangan adalah hal yang paling menyedihkan bagi para pecinta makeup, namun hal ini harus dilakukan apabila produk tersebut sudah kedaluwarsa.

Kosmetik yang sudah kedaluwarsa harus dibuang dan tidak boleh lagi digunakan karena banyak bakteri yang tinggal dan berkembang biak dalam kosmetik yang sudah kadaluarsa. Bila kosmetik kadaluarsa ini tetap Anda gunakan, alih-alih tampil menarik, Anda malah akan mengalami masalah kulit seperti timbul jerawat, iritasi, noda hitam hingga infeksi mata.

Kendati demikian, bagaimana cara mengetahui apakah kosmetik sudah kedaluwarsa atau belum? Pasalnya, tidak seperti makanan, tanggal penggunaan pada kosmetik Anda bergantung pada hari pertama Anda menggunakannya, bukan tanggal pembelian.

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui apakah produk kosmetik favorit Anda masih dapat digunakan atau sudah kedaluwarsa.

1. Alas bedak (foundation)
Usia alas bedak atau foundation bergantung pada dasar kandungan yang terdapat di dalamnya. Alas bedak berbahan dasar air biasanya, masih boleh digunakan hingga 12 bulan setelah pertama kali dibuka.

Sementara alas bedak berbahan dasar minyak masih boleh digunakan hingga 18 bulan setelah pertama kali dibuka. Hal ini disebabkan karena minyak adalah bahan pengawet alami untuk kosmetik.

Tanda bila alas bedak sudah kadaluarsa adalah, ketika kandungan minyak di dalamnya mulai mengambang dan konsistensinya jauh lebih kental daripada sebelumnya. Kondisi ini akan menyebabkan alas bedak sulit untuk dibaurkan, lebih lengket dan dapat menyebabkan jerawat hingga iritasi.

Baca juga: Wabah corona, alat "make up" juga perlu disinfektan

Baca juga: Awas bakteri berbahaya pada aplikator "make-up" kotor

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berikan layanan masyarakat desa lebih maksimal melalui Maskara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar