Manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan

Manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan

Ilustrasi minyak bunga matahari (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Minyak bunga matahari biasa digunakan untuk memasak karena punya banyak manfaat bagi kesehatan, namun minyak ini juga memiliki kandungan yang bagus untuk perawatan kulit.

Minyak bunga matahari diperkaya dengan vitamin dan mineral penting sehingga dapat mengatasi hampir seluruh masalah kecantikan. Berikut ini adalah lima manfaat dari minyak bunga matahari dilansir Boldsky, Sabtu.

1. Melembabkan kulit
Minyak bunga matahari sering digunakan sebagai formula kosmetik, sebab memiliki kemampuan untuk mengatasi kekeringan dan menjaga kulit tetap lembab. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak bunga matahari meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga integritas lapisan luar kulit.

Asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga matahari memiliki sifat emolien yang sangat baik yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Selain asam linoleat, ia juga mengandung vitamin E yang mampu terserap ke dalam kulit dan membantu melembabkan dari dalam.

Baca juga: Kulit sehat berkilau dengan masker wajah dari susu bubuk

Baca juga: Mencoba "DIY skincare"? Hindari lima bahan ini


2. Melawan jerawat
Minyak bunga matahari merupakan bahan alami non-komedogenik yang memelihara kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jadi, Anda bisa menggunakan minyak ini tanpa harus khawatir dengan jerawat.

Vitamin E, salah satu antioksidan alami paling kuat, ditemukan berlimpah dalam minyak bunga matahari. Ini membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Minyak bunga matahari juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menahan bakteri penyebab jerawat.

3. Mencegah penuaan kulit
Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur. Berkat kehadiran vitamin E yang sangat kuat, mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat Anda memiliki kulit yang halus, tanpa cacat dan awet muda.

4. Memberikan perlindungan terhadap sinar matahari
Minyak bunga matahari memiliki sifat pelindung sinar matahari alami. Vitamin A dan C mampu melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari sehingga kulit tetap sehat dan halus.

Asam lemak, asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga matahari mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Meningkatkan kesehatan kulit
Minyak bunga matahari kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin A, C, D dan E dan mineral seperti tembaga, zinc, dan zat besi yang ada dalam minyak bunga matahari sangat membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat dapat menjadi pelembab serta pelindung agar kulit tetap lembut dan halus.

Baca juga: Kulit berminyak tetap butuh pelembab

Baca juga: Cara agar bibir tak kering saat berpuasa

Baca juga: Terlalu lama pakai masker wajah, awas kulit bisa bermasalah

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar