Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Pesawat ulang-alik AS Discovery mendarat dengan selamat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California, Jumat waktu setempat, setelah misi pemasokan-kembali selama dua pekan ke stasiun antariksa internasional.

Tempat pendaratan dipindahkan ke Pangkalan Edwards setelah kondisi cuaca memaksa pengawas penerbangan membatalkan izin pendaratan di Pusat Antariksa Kennedy di Florida selama dua hari berturut-turut.

Discovery, dengan tujuh astronot, menyentuh landasan pacu pukul 20:53 waktu setempat, Jumat, (07:53 WIB, Sabtu), sebelum matahari terbenam.

Karena cuaca buruk di Florida, pengawas penerbangan membatalkan pendaratan pesawat ulang-alik tersebut di tempat keberangkatannya pada Kamis dan Jumat, dan memberitahu awak agar menuju Pangkalan Angkatan Udara Edwards, tempat pendaratan pendukung kalau kondisi yang memungkinkan pesawat ulang-alik tersebut mendarat di Florida.

Itu adalah pendaratan ke-54 pesawat ulang-alik itu di Edwards, kata NASA.

NASA akan mengeluarkan 1,7 juta dolar AS untuk mengangkut pesawat ulang-alik tersebut kembali ke tempat peluncurannya dengan menggunakan satu pesawat jet jumbo yang telah diubah.

Discovery, yang diluncurkan pada 28 Agustus, mengirim beberapa ton pasokan dan peralatan ke Stasiun Antariksa Internasional, termasuk rak pendukung kehidupan dan rak ilmu pengetahuan.

Pesawat ulang-alik itu membawa pulang tujuh astronot, termasuk Timothy Kopra, yang melewati hampir dua bulan di pos terdepan tersebut.

Yang juga ikut pulang ialah "Buzz Light year". Benda sebesar 12 inci itu telah mengorbit selama 15 bulan sejak pertengahan 2008 sebagai bagian dari satu program pendidikan. Boneka tersebut akan dikembalikan ke Walt Disney World untuk pameran pada awal Oktoebr.

Awak Discovery melakukan tiga kali perjalanan di antariksa di stasiun itu, untuk memasang satu tangki baru pendingin ammonia, beberapa antena baru dan pemasangan kabel untuk Tranquality, bagian kehidupan yang dijadwalkan tiba awal tahun depan.

Namun awak Discovery menghadapi masalah ketika mereka gagal mengaitkan satu penghubung kabel. NASA sedang memikirkan perbaikan buat pengunjungan selanjutnya pesawat ulang-alik pada November.

Itu adalah misi ke-37 Discovery ke antariksa dan misi ke-30 satu pesawat ulang-alik yang didedikasikan untuk perakitan dan pemeliharaan Stasiun Antariksa Internasional.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009