Jakarta (ANTARA News) - Matius Mandingan menjadi satu-satunya petinju Indonsia yang lolos ke final cabang tinju SEA Games 2009 Laos, setelah menang angka mutlak dari petinju Malaysia, Muhammad Ali, di semifinal kelas bantam di Olympasia Gymnasium National University Laos, Selasa.

Seperti dikutip dari situs resmi Panpel LAOSOC, Matius yang menempati sudut biru mengakhiri pertarungan dengan skor telak 11:4 atas Muhammad Ali.

Di final Matius akan berhadapan petinju Thailand Chatchai Buddee yang di semifinal lainnya menaklukkan Tran Quoc (Vietnam) dengan angka mutlak 6:1.

Sementara dua petinju Indonesia lainnya Julio Bria dan Arenaldo gagal ke final setelah ditundukkan lawan masing-masing.

Di kelas ringan (51 kg), Julio Bria harus puas dengan medali perunggu setelah ditaklukkan Amnat Ruenroeng (Thailand) dengan skor 2:5.

Di final Amnat akan berhadapan Xayyaphone (Laos) yang menundukkan Saludar Rey (Filipina) 9:4.

Sedangkan Arenaldo yang tampil di kelas 57 kilogram hanya dikalahkan tipis 5:6 oleh Phal Sophat dari Kamboja. Sophat di final akan berhadapan Suarez Charly (Filipina) yang menyisihkan Wuttichai Masuk (Thailand) 13:5.

Dari 10 partai pertandingan semifinal di lima kelas, dua lainnya tak diikuti petinju Indonesia.

Di kelas 45 kilogram Sikham (Laos) maju ke final setelah Huynh Ngoc Tan (Vietnam) tak mampu melanjutkan di ronde kedua. Di final Sikham akan berhadapan Vicera Bill (Filipina) yang menundukkan Ven Diaman (Kamboja) dengan angka mutlak 13:2.

Sedangkan di kelas 64 kg Vilasak (Laos) dan Pham Son Tung (Vietnam) akan memperebutkan medali emas. Vilasak menundukkan Joegin Landon (Filipina) 8:2 dan Pham Son Tung menyisihkan Svay Ratha (Kamboja) 6:4.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009