Makassar (ANTARA News) - Persipura Jayapura meraih poin penuh setelah mengalahkan Persijap Jepara 1-0 dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) di Standion Andi Matalatta Mattoangin Makassar, Rabu.

Gol tunggal kemenangan Persipura lahir pada menit 49 dari sundulan Ricardo Salampesy memanfaatkan tendangan bebas Eduard Ivakdalam dari suduk kiri gawang Persijap yang dijaga Danang Wihatmoko.

Ricardo yang berdiri bebas didepan gawang tanpa pengawalan ketat dengan mudah menanduk bola kesisi kiri gawang Danang mengubah skor 1-0.

Wasit Jumadi Effendy yang memimpin pertandingan memberikan tendangan bebas kepada Persipura setelah Ian Luis Kabes dijatuhkan pemain belakang Persijap diluar kotak finalti.

Pertandingan babak pertama berjalan lamban dan hampir tidak ada peluang berbahaya yang mengancam gawang Persipura maupun Persijap.

Setelah kebobolan di awal babak kedua, Persijap langsung bangkit menekan pertahanan Persipura yang menghasilkan tendangan bebas luar kotak finalti saat penyerang Persijap Pablo Francis dilanggar Bio Paulin.

Namun tendangan bebas Francis melambuang jauh diatas mistar gawang Persipura yang di jaga Jendry Pitoy.

Demikian pula sundulan Sergio Yunior di menit 67 masih melambung tipis disudut kanan atas, mistar gawang Jendry.

Peluag emas Persijap lahir dua menit kemudian, saat Francis tinggal berhadapan dengan Jendry setelah berhasil melewati dua pemain belakang Persipura. Namun sontekan kaki kanannya melebar tipis di kanan gawang Persipura.

Sementara Persipura juga menciptakan peluang pada menit 76 lewat tendangan spekulasi Yustinus Pae, namun melambung diatas mistar gawang Persijap.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago baru memasukkan Boaz T Salossa pada menit 81 menggantikan Yustinus.

Dalam jumpa pers setelah pertandingan, Jacksen mengatakan kemenangan tersebut adalah berkat kerja keras pemain. Persipura saat jedah babak pertama mengganti kostum kebesaran dari merah/hitam menjadi kostum putih.

Persipura memutuskan mengganti kostum sebab pada babak pertama kedua tim sering salah mengoperkan bola disebabkan kostum yang sama-sama merah.

Sementara pelatih Persijap Junaidy, tidak kecewa dengan kekalahan tersebut dan sudah puas dengan penampilan pemainnya.

"Penampilan kami sudah bagus dan menciptakan beberapa peluang dimenit akhir. Namun Persipura adalah tim yang bagus, saya hanya mengucapkan selamat kepada mereka. Kami tidak pernah mencari kambing hitam," ucapnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010