Jakarta (ANTARA News) - Persipura Jayapura mengandaskan tuan rumah Persitara Jakarta Utara 3-0 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 di Stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta, Rabu.

Gol kemenangan Persipura dicetak oleh Alberto Goncalves pada menit ke 10 dan 70, serta tendangan keras dari Boaz Salossa pada menit ke 45.

Persipura sejak menit awal langsung menekan tim tuan rumah yang dikawal Tugihadi. Namun demikian tim tuan rumah juga melakukan perlawanan dengan serangan balik yang cepat melalui Prince Kabir Bello.

Serangan demi serangan terus dilakukan oleh Tim Mutiara Hitam (julukan Persipura). Akhirnya pada menit 10 Alberto Goncalvez mampu memperdayai Wawan Dermawan sehingga merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Persipura.

Tertinggal 0-1 tuan rumah mencoba bangkit. Meski hujan cukup deras Prince Kabir Bello dan Afshin mencoba menerobos pertahanan Persipura yang dikawal oleh Bio Paulin. Meski demikian gawang Jendry Pitoy tetap aman.

Giliran tim tamu kembali meningkatkan tempo permainan. Lewat kemelut didepan gawang Wawan Dermawan striker Persipura Boaz Salossa mampu menambah gol pada menit 45. Dengan demikian kedudukan 2-0 untuk Persipura hingga babak pertama berakhir.

Sebelum babak pertama berakhir ratusan suporter Persipura nekat masuk ke stadion meski pertandingan itu dilakukan tanpa penonton. Suporter yang mayoritas berasal dari Papua itu akhirnya diberi tempat meski mendapat pengawalan dari kepolisian.

Memasuki babak kedua Persipura tidak henti-hentikan meningkatkan tempo serangan. Beberapa peluang untuk menciptakan gol juga terus terjadi.

Hingga akhir pada menit 70 pemain pengganti Boaz Salossa yaitu Yustinus Pae memberikan umpan terukur pada Alberto Goncalves sehingga merubah kedudukan menjadi 3-0 untuk Persipura.

Tertinggal 0-3 semangat Persitara tetap tinggi. Gempuran demi gempuran lewat Afshin dan Bello terus terjadi namun belum menghasilkan gol.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Viator, kedudukan tetap 3-0 untuk kemenangan tim tamu Persipura Jayapura.

Susunan pemain:

-Persitara: Wawan Dermawan (kiperk), Isa Noercahya, Tugihadi, Ladislas Bushiri/Akmal, Firdaus, Mursyid Mony, Sutikno, Jatmiko/Tantan, Dedi Mulyadi, Prince Kabir Bello (kapten) dan Afshin Rad.

-Persipura: Jendry Pitoy (kiper), Ricardo Salampessy, Stevie Bonsapia, Alberto Goncalvez, Eduard Ivakdalam (kapten)/David Lailly, Ia Louis Kabes, Gerald Pangkaly, Ortizan Salossa, Victor Igbonefo, Bio Paulin Pierre dan Boaz Salossa/Yusninus Pae.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010