Liga Inggris

Bruno Fernandes sebut stadion nirpenonton bak jalanan tanpa mobil

Bruno Fernandes sebut stadion nirpenonton bak jalanan tanpa mobil

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes (kiri) melepaskan tendangan untuk mencetak gol pertamanya ke gawang Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Selasa (30/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Mike Hewitt))

Jakarta (ANTARA) - Bintang Manchester United, Bruno Fernandes, mengaku sangat merindukan kehadiran penonton di tribun stadion secara langsung, sesuatu yang menjadi kebiasaan baru dalam penyelenggaraan olahraga termasuk sepak bola semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia.

Bahkan, pemain asal Portugal itu menganalogikan pertandingan sepak bola di stadion yang nirpenonton bak jalanan tanpa mobil.

Fernandes kemungkinan akan kembali mengalami hal serupa ketika MU mengawali musim 2020/21 mereka dengan menjalani laga pekan kedua Liga Inggris menjamu Crystal Palace di Old Trafford, Sabtu (19/9).

Baca juga: Bruno Fernandes tersanjung dibandingkan dengan Eric Cantona, tapi...

"Saya pikir saya merasakan dukungan itu di media sosial begitu banyak," kata Fernandes dilansir laman resmi MU, Jumat.

"Kami punya banyak penggemar dan saya bisa merasakan dukungan yang mereka alirkan di media sosial, di jalan-jalan, di mana pun kami berada," ujarnya menambahkan.

Hanya saja, Fernandes mengaku bahwa dukungan di media sosial sebanyak apapun itu tidak akan mampu menyamai sorak sorai penonton di tribun stadion secara langsung ketika pertandingan dimainkan.

"Saya pikir, sekarang yang terpenting adalah semua orang segera sehat dan secepat mungkin bisa kembali ke stadion," katanya.

"Pertandingan sepak bola tanpa penonton bukanlah pertandingan sepak bola. Saya bicara dengan Cristiano Ronaldo tentang itu setelah pertandingan tim nasional Portugal, rasanya seperti jalanan tanpa mobil. Itu bukanlah jalanan," ujar Fernandes melengkapi.

Baca juga: Pemerintah Inggris bersiap izinkan penonton kembali ke stadion
Baca juga: Bos Sheffield heran penonton dibolehkan lagi masuk stadion


Oleh karena itu gelandang rekrutan MU pada Januari lalu tersebut berharap para penonton bisa segera diizinkan kembali menghadiri pertandingan langsung di stadion.

Operator Liga Premier pekan lalu menolak imbauan proyek percontohan ambang batas atas 1.000 penonton di tiap pertandingan yang ditetapkan pemerintah, karena dianggap lebih banyak merugikan ketimbang menguntungkan.

Proyek percontohan itu akhirnya jatuh ke EFL, operator tiga kompetisi liga di bawah Liga Premier.

Namun, belakangan Liga Premier mendesak pemerintah memberi izin penonton mulai datang ke stadion per 1 Oktober mendatang, menyusul ancaman kerugian hingga 700 juta poundsterling (sekira Rp13 triliun) jika pertandingan terus dilangsungkan tertutup.

Baca juga: EPL desak pemerintah Inggris izinkan fans ke stadion pada 1 Oktober
Baca juga: Dortmund buka pintu bagi penonton pada laga pembukaan Liga Jerman
Baca juga: Bayern harus awali Bundesliga tanpa penonton
Baca juga: Klasemen Liga Inggris setelah dua hari pertama musim 2020/21

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar