Jakarta (ANTARA News) - Persipura Jayapura harus mengakui keunggulan Joenbuk Motors Korea Selatan (Korsel) 1-4 dalam Liga Champion Asia (LCA) yang digelar di Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa.

Gol Persipura diciptakan Ian Kabes pada menit 69 dan gol tim dari Negeri Gingseng itu tercipta lewat tendangan penalti Kim Seung Yong pada menit 15 dan gol Lovrek Kruno pada menit 25, 68 dan 83.

Sejak peluit ditiup oleh wasit Abdul Malik Bin Abdul Bashir, Jeonbuk Motors sebagai pengendali bola pertama langsung menusuk pertahanan Persipura yang dikawal oleh Bio Paulin.

Hasilnya pada menit ke 5, lewat tendangan keras dan terarah pemain Jeonbuk Motors nyaris membobol gawang Persipura yang dikawal Jandri Pitoy namun bola masih membentur mistar gawang.

Tekanan dari tim yang berjuluk The Greens ini terus terjadi. Berawal umpan silang dari Luiz Hendrique striker jangkung Jeonbuk Motors Sim Wooyeon kembali membahayakan Persipura. Namun tendangan kerasnya masih melenceng tipis disamping kiri gawang Jandri Pitoy.

Petaka bagi Persipura terjadi pada menit 15 setelah salah satu pemain Tim Mutiara Hitam Ian Kabes menjatuhkan pemain Jeonbuk Motors di kotak terlarang. Akibatnya wasit menunjuk titik penalti

Ditunjuk sebagai algojo Kim Seung Yong tidak melepaskan kesempatan itu. Meski diulang dua kali tendangan kerasnya mampu menjebol gawang Persipura sehingga merubah kedudukan menjadi 0-1.

Tertinggal 0-1 membuat semangat Iduard Ivakdalam dan kawan-kawan meningkat. Umpan dari kaki ke kaki terus dilakukan, namun demikian belum mampu membahayakan gawang lawan yang dikawal Kwoun Suntae.

Terus menyerang membuat pertahanan Tim Mutiara Hitam itu longgar. Akibatnya Jeonbuk Motors mampu menggandakan gol lewat Lovrek Kruno pada menit 25.

Menjelang babak pertama usai pelatih Jacksen F Tiago menarik keluar Boaz Salossa yang mengalami cedera dengan Stevie Bosapia. Meski demikian hingga babak pertama usai Persipura belum mampu menciptakan gol.

Selama babak pertama wasit asal Singapura itu mengeluarkan satu kartu kuning untuk pemain Jeonbuk Motors Seo Jung Jin setelah sebelumnya melanggar dengan keras pemain Persipura Gerald Pangkali.

Memasuki babak kedua Persipura langsung pertahanan Jeonbuk Motors. Hasilnya duet Tinus Pae dan Stevie Bosapia mampu membahayakan gawang Kwoun Suntae.

Peluang menciptakan gol juga diperoleh pemain Persipura lainnya Beto. Namun demikian tendangan kerasnya hanya membentur tiang gawang Jeonbuk Motors.

Terus menyerang kembali membuat pertahanan Persipura melemah. Akibatnya Lovrek Kruno pada menit 68 berhasil memperdayai kiper Jandri Pitoy sehingga merubah kedudukan menjadi 0-3.

Satu menit kemudian lewat koordinasi yang bagus antar pemain Persipura akhirnya Ian Kabes mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3.

Mampu menciptakan gol semangat Tim Mutiara Hitam kembali meningkat. Tinus Pae dan kawan-kawan terus menekan pertahanan lawan. Meski demikian pertahanan Jeonbuk yang dikawal Son Sengjun masih cukup kuat bagi anak asuh Jacksen F Tiago.

Kuatnya serangan ternyata tidak diimbangi dengan pertahanan. Lagi-lagi Lovrek Kruno mampu mencetak hatrik ke gawang Jandri Pitoy pada menit 83 sehingga merubah kedudukan menjadi 1-4.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Abdul Malik Bin Abdul Bashir asal Singapura itu Persipura harus mengakui keunggulan tamunya Jeonbuk Motors dengan skor 1-4.

(T.B016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010