Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan elektronik dari Jepang, Sharp, akan lebih fokus pada produk hemat energi dan produk yang menghasilkan energi ramah lingkungan.

Direktur Utama PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Fumihiro Irie pada keterangan pers, di Jakarta Minggu, mengatakan pihaknya memiliki visi 2012 yaitu tekad perusahaan itu memberi sumbangan kepada dunia melalui bisnis yang ramah lingkungan dan sadar kesehatan.

"Untuk itu, kami fokus pada produksi produk hemat energi dan juga menciptakan produk penghasil energi," katanya di sela-sela pameran produk ramah lingkungan (eco products) di JCC.

Salah satu produk dan teknologi yang sejalan dengan visi Sharp itu, lanjut dia, adalah televisi LED yang mampu menghemat penggunaan listrik sampai 50 persen dibandingkan televisi biasa.

Selain itu, ada solar sel Photovoltaic yang menghasilkan energi listrik dari sinar matahari. Photovoltaic, kata dia, dapat diaplikasikan di perumahan sampai perkantoran, bahkan telepon genggam.

"Menuju 2012, kami menargetkan pabrik Sharp di Jepang, bersertifikat pabrik super hijau A, dan di negara lain bersertifikat super hijau B,". ujarnya.

Sementara itu Executive Officer Group General Manager Environmental Protection Group Sharp Corporation Morimoto Hiroshi menambahkan untuk mengurangi emisi karbon diaksoda dan pemanasan global dunia, maka Sharp Electronicsn menerapkan visi barunya

Eco Positive Company.
Untuk melaksanakan visi baru itu, maka Sharp menerapkan empat strategi Eco-Positive yaitu pertama, Eco-Positive Technology yakni pengembangan usaha baru dengan menciptakan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya.

Kedua, Eco-Positive Product yakni dengan meningkatkan kontribusi dalam upaya perlindungan lingkungan melalui berbagai jenis produk dan jasa.

Ketiga, Eco-Positive Operations yaitu dengan melakukan pengurangan dampak lingkungan saat melakukan rekayasa dan pembuatan produk, dan keempat, Eco-Positive Relationship yakni dengan meningkatkan nilai perusahaan melalui keterlibatan dengan masyarakat.

Dikatakannya pula, Sharp telah memiliki pabrik super hijau yaitu pabrik yang memproduksi panel LCD hemat energi dan panel surya penghasil energi.

Pada pabrik itu, Sharp menggunakan lampu LED yang hemat energi dan memasang panel surya di seluruh atap pabrik, sebagai langkah untuk memenuhi sebagian kebutuhan listriknya. (ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010