Los Angeles (ANTARA News) - Christoph Waltz dinobatkan sebagai pemeran pembantu terbaik Oscar lewat perannya sebagai perwira Nazi yang kejam di film "Inglourious Bastard".

Aktor Austria itu tidak dikenal publik Amerika Serikat (AS), sebelum bermain di film arahan QUentin Tarantino yang bercerita mengenai kejamnya perang dunia kedua. Ini adalah Oscar pertamanya

"Ini sambutan selamat datang anda. Tidak ada cara berterima kasih, tetapi saya dapat mulai sekarang. Terima kasih," kata Waltz sambil menggengam kedua patung emas dengan kedua tangannya.

Pemain berusia 53 tahun itu memerankan Kolonel Hans Landa yang licik. Dia terkenal dengan sebutan "The Jew Hunter" ("Pemburu Yahudi") dan menjadi penjahat utama selain Adolf Hitler.

Landa adalah seorang polisi jahat mencari mencari orang-orang Yahudi yang bersembunyi dari mesin perang Nazi. Dia juga memburu elit militer AS yang disebut The Basterds, yang menguliti kepala para pasukan Nazi.

Landa fasih berbicara bahasa Jerman, Perancis, Inggris, dan Italia. Daya tarik dan kemampuannya membujuk sama dengan kekejamannya.

Waltz berasal dari keluarga yang berkecimpung di dunia teater. Dia belajar di Lee Strasberg Theatre & Film Institute di New York, sebelum kembali ke Eropa dan memulai karirnya di panggung dan kemudian di layar kaca.

Peran besar pertamanya melalui film Jerman berjudul "Love Scenes from Planet Earth". Dia berperan sebagai penulis putus asa yang terlibat dengan dua wanita setelah meminjam mobil baru ayahnya.

Tarantino yang dikenal karena melambungkan kembali aktor Hollywood terabaikan, senang dengan yang ada pada Waltz lalu memberi peran Landa.

Pesaing Waltz untuk pemeran pembantu terbaik adalah Christopher Plummer dalam "The Last Station", "Matt Damon dalam "Invictus", Woody Harrelson dalam "The Messenger" dan Stanley Tucci dalam "The Lovely Bones".

Sebelum menang Oscar, Waltz meraih penghargaan di festival film Cannes, Golden Globes, Screen Actor Guild Awards. (ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010