Los Angeles (ANTARA News) - Mo'Nique memenangi Oscar pertamanya sebagai pemeran pembantu wanita terbaik dalam film "Precious" pada penghargaan Academy Awards di Los Angeles, Minggu waktu setempat (Senin pagi).

Mo'Nique berperan sebagai seorang ibu yang kejam secara verbal, fisik dan seksual terhadap anaknya yang bernama Precious. Dia menjadi favorit juara dan sudah memenangi berbagai penghargaan untuk perannya dalam film independen itu.

Aktingnya yang dingin sebagai Mary, bertolak belakang dengan nominee lain, yaitu Penelope Cruz dalam "Nine", Maggie Gyllenhaal dalam "Crazy Heart", dan Vera Farmiga dan Anna Kendrick dalam "Up in the Air".

Mo'Nique menerima piala diiringi tepuk tangan yang meriah dari penonton."Saya mengucapkan terima kasih kepada Academy karena sudah menunjukkan bahwa ini mengenai pertunjukan dan bukan politik," kata Mo'nique penuh emosi, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Dalam kesempatan itu dia mengucapkan terima kasih kepada suaminya Sidney. Dia mengatakan suaminya menunjukkan bahwa kadang kita harus melakukan apa yang tidak populer, untuk melakukan apa yang benar.

Aktris yang bernama asli Monique Imes itu selama ini dikenal sebagai pelawak stand up serta dalam film seri "The Parkers" yang ditayangkan UPN. Selain itu dia juga terlibat dalam film "Phat Girlz" dan "welcome Home Roscoe Jenkins". Musim gugur lalu, dia memulai debutnya dalam talk show "The Mo'Nique Show" di televisi kabel BET.

"Precious: Based on the Novel 'Push' by Sapphire" merupakan kerjasama keduanya dengan pembuat film Lee Daniels. Mereka pertama berkolaborasi dalam film debut penyutradaraan Lee yang berjudul "Shadowboxer" tahun 2005.

Mo'Nique menjadi sedikit aktris kulit hitam yang mendapat Oscar. Hattie McDaniel memperoleh Oscar tahun 1939, untuk kategori pemeran pembantu wanita terbaik melalui film "Gone with the Wind".

Whoopi Goldberg memperoleh Oscar sebagai pemeran pembantu wanita terbaik tahun 1990, melalui film "Ghost". Tahun 2001, Halle Berry memenangi pemeran utama wanita terbaik melalui film "Monster Ball". Jennifer Hudson meraih pengharggan pemeran pembantu wanita terbaik tahun 2006 melalui film "Dreamgirls".

Mo'Nique tahun lalu mengatakan pada Festival FIlm Sundance, bahwa kekerasan seksual seperti dalam film "Precious" bukan hal yang asing baginya. Dia pernah menjadi korban pelecehan waktu kecil.

Dia mengatakan tahun ini dalam suatu penghargaan, bahwa seorang pria mendekati dia setelah melihat "Precious" dan mengaku sebagai seorang pelaku pelecehan, Mo'Nique mendesak pria itu untuk mendapat bantuan.

Mo'Nique juga memperoleh penghargaan sebagai pemeran pembantu wanita terbaik dalam ajang Golden Globes dan Screen Actor Guild Award, melalui film "Precious".(ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010