Jakarta (ANTARA) - Vitesse memaksa PSV Eindhoven menelan kekalahan pertamanya musim ini dalam laga yang berakhir 2-1 di pekan ke-6 Liga Belanda di Stadion GelreDome pada Minggu.

Dua gol kemenangan Vitesse dibukukan Jacob Rasmunssen dan Lois Openda, sementara gol PSV dicetak Olivier Boscagli, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Dengan kekalahan ini membuat PSV gagal kembali merebut posisi puncak dari tangan Ajax dan harus turun satu peringkat ke posisi tiga. Sementara Vitesse naik ke posisi dua dengan raihan 15 poin dan hanya kalah selisih gol dari sang pemuncak.

Baca juga: PSV Eindhoven dipermalukan Granada di kandang sendiri

Vitesse unggul lebih dulu pada menit ke-9. Jacob Rasmussen memenangi duel udara dalam situasi tendangan sudut dan bola mampu disundulnya untuk menggetarkan jala gawang Yvon Mvogo.

Seusai gol tersebut, PSV kembali berinisiatif menyerang. Mohamad Ihattaren melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tetapi bola masih bisa diselematkan kiper Vitesse Remko Pasveer.

Gol penyama kedudukan baru tercipta pada menit ke-50. Sundulan bek PSV Olivier Boscagli menyelesaikan umpan tendangan sundut tak mampu diselamatkan kiper tuan rumah.

Namun, skor 1-1 itu hanya bertahan empat menit saja. Gawang PSV kembali kebobolan lewat aksi Lois Openda. Sontekannya di dalam kotak penalti usai menerima umpan matang Maximilian Wittek memperdaya kiper Yvon Mvogo.

Baca juga: Vitesse gulung Heracles 3-0, Heerenveen kembali ke puncak
Baca juga: Usai dikalahkan Heerenveen, Leonid Slutsky mundur dari Vitesse


Pada babak tambahan waktu babak kedua wasit sempat menunjuk titik putih setelah bek Vitesse Ali Dasa dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jorrit Hendrix.

Untuk lebih memastikan, wasit lantas berkonsultasi melalui VAR dan setelah menunggu hingga dua menit ia kemudian menganulir penalti tersebut karena Jorrit terlihat melakukan diving.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang mempertemukan Sparta Rotterdam melawan Heracles Almelo berakhir imbang 1-1.

Baca juga: Feyenoord diimbangi Sparta 1-1 dalam derbi Rotterdam

Sparta unggul lebih dulu melalui aksi Abdou Harroui pada menit ke-47. Namun petaka terjadi pada menit ke-54, sebab satu pemain tuan rumah yakni Adil Auassar harus diusir wasit karena melakukan pelanggaran keras.

Keunggulan jumlah pemain itu dimanfaatkan Heracles dengan mencetak satu gol lewat Rai Vloet. Hingga akhir pertandingan skor 1-1 tetap bertahan.

Sparta tak bergeming di posisi 17 atau zona degradasi karena hanya mengantongi tiga poin. Sementara Heracles naik ke posisi 11 dengan mengumpulkan lima poin.

Baca juga: Tertinggal empat gol, Sparta bangkit dan paksa AZ berbagi satu poin
Baca juga: Ajax tersandung di kandang Heracles Almelo

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020