"Hijami", tren padu padan hijab minimalis

Oleh Ida Nurcahyani

"Hijami", tren padu padan hijab minimalis

Tiga selebgram yang mantap mengenakan hijab yakni Indah Nada Puspita, Athieqah Asy Syahidah, dan Vira Tandia. ANTARA/Instagram @indahnadapuspita.

Jakarta (ANTARA) - Tiga selebgram yang mantap mengenakan hijab yakni Indah Nada Puspita, Athieqah Asy Syahidah, dan Vira Tandia berbagi kisah perjuangan mereka dalam menentukan gaya hijab yang tepat.

Di balik penampilan fashionable yang sering diunggah oleh Indah di akun instagramnya @indahnadapuspita, ternyata ia telah mengeksplor berbagai macam gaya berpakaian sejak ia memulai menulis blog fesyen 11 tahun yang lalu.

"Proses ini juga merefleksikan proses pendewasaan diri. Kuncinya adalah berani bereksplorasi, tapi harus stay true to yourself, mana yang nyaman dan terasa sesuai dengan body shape juga karaktermu, enjoy the journey and have fun! You can start from something basic dan menyortir isi lemari kamu mulai dengan warna warna netral, pieces yang timeless dan mudah di mix and match,” ujar Indah dalam siaran pers pada Jumat.

Baca juga: Intip gaya hijab minimalis nan elegan ala Ayudia C.

Saat ini, Indah mencoba gaya berpakaian "hijami" atau hijab minimalis ala Uniqlo Modest Wear Manual Fall/Winter 2020 Styled by Ayudia C.

Konsep hijami adalah memadupadankan gaya berpakaian yang sederhana namun tetap elegan.

Hijami adalah kolaborasi Ayudia C dan Uniqlo dinilai cocok untuk dipakai di segala musim dan awet dipakai lama.

"Yang aku suka dari hijami ini tidak terlalu membutuhkan banyak usaha karena koleksi Uniqlo yang serba guna dengan bahan berkualitas ini memudahkan padu padan untuk menghasilkan penampilan yang keren,” ujar model yang sukses menggebrak industri modelling internasional ini.

Athieqah Asy Syahidah
Nama Athieqah Asy Syahidah atau lebih dikenal dengan nama Instagram @tiqasya sering mencuri perhatian warganet. Tak hanya dikenal sebagai selebgram berhijab, namun Athieqah juga dianggap sebagai salah satu perempuan muda yang inspiratif.

Kesibukannya dalam menjalani profesinya sebagai dokter tidak membuatnya ketinggalan untuk selalu tampil menarik dalam aktivitasnya sehari-hari.

Gaya berpakaian sejak awal ia berhijab juga mengalami banyak perubahan. Namun, seiring dengan waktu, ia semakin cocok dengan pilihan gaya berhijab yang simpel tapi tetap elegan.

Baca juga: Uniqlo rilis koleksi Uniqlo U Musim Fall/Winter 2020

Baca juga: Ekspedisi tangguh "turtleneck" bersama sosok perempuan berpengaruh


Hijab minimalis menjadi pilihan gaya berpakaian yang tepat untuk Athieqah yang ingin tampil elegan namun tetap nyaman untuk dipakai menemani kegiatannya yang padat.

Athieqah memadukan Blus Rayon Lengan Panjang dengan Rok Panjang Accordion Pleated dan AIRism Cardigan Panjang UV Protection yang dilengkapi dengan teknologi pengeringan cepat sebagai outer.

Perpaduan itu menghasilkan tampilan hijab yang fashionable tetap nyaman dikenakan untuk bergerak aktif di iklim tropis seperti Indonesia.

Hijab minimalis ini memberi saya ide untuk mencoba menyederhanakan look dan ternyata itu bisa membuat tampilan lebih fresh and young! A lil tips from me, terus explore berbagai gaya yang kalian suka dan berani coba langsung. Semakin sering kalian coba, kalian akan semakin tahu style seperti apa yang cocok untuk bentuk tubuh dan juga karakter kalian. Dan satu lagi, menurutku less is more! Jadi, keep it minimalist and comfortable,” ujar Athieqah.

Vira Tandia
Menjadi seorang selebgram memang dituntut untuk selalu tampil menarik, salah satunya Vira Tandia. Pada Instagram pribadinya @viratandia, ia selalu aktif membagikan gaya OOTD dengan gaya hijab yang stylish dan modis, siapa sangka dahulu Vira pernah mengalami sulitnya memilih padu padan yang pas untuk penampilannya.

Bahkan ia mengakui pernah salah menggunakan gaya berpakaian untuk sebuah acara penting yang membuatnya sangat tidak percaya diri.

Namun kini ibu satu anak ini mengaku sudah tidak perlu pusing lagi untuk memilih padu padan yang pas untuk dirinya setelah mengenal hijami.

Vira Tandia mengenakan Gaun Kemeja Lengan Panjang Linen Blend, T-Shirt Renda Kombinasi Boat Neck, dan Celana Rileks Katun Ankle. Warna-warna earth tone yang netral ini menghasilkan tampilan yang hangat, elegan namun tetap feminin.

“Kalau kamu mau coba gaya hijab yang simpel, lihat deh inspirasinya di Uniqlo Modest Wear Manual Fall/Winter 2020 styled by @ayudiac. Gaya hijab minimalis atau #hijami yang sedang aku pakai ini, gampang banget mix and match-nya, dan bisa banget pakai dari stok baju yang udah ada lho. Untuk menemukan style yang pas dan cocok buat kita memang membutuhkan waktu namun kita coba dengan style yang simpel dulu aja seperti pakai warna-warna netral atau pakai potongan yang timeless seperti kemeja, jeans atau cardigan,” ujar Vira Tandia.

Baca juga: Uniqlo Bratop hadir untuk jawab kebutuhan penampilan perempuan

Baca juga: Gaya Sophia Latjuba hingga Iwan Fals dalam balutan flanel


Uniqlo Modest Wear Manual Fall/Winter 2020 styled by Ayudia C diluncurkan September lalu.‚Äč

Koleksi hadir dalam bentuk buku panduan yang bisa didapatkan di toko-toko Uniqlo Indonesia dan juga dapat diunduh dalam versi digital di website Uniqlo.

Inspirasi padu padan tersebut menghadirkan 50 gaya terbaru dengan warna hangat dan cantik khas musim gugur dengan menggunakan kombinasi produk Uniqlo untuk tampilan minimalis namun tetap elegan.

Pada peluncurannya beberapa waktu lalu, Ayudia C sebagai styling director mengatakan kunci untuk tampil hijami adalah teknik padu padan dan rasa percaya diri pemakainya.

"Begitu banyak warna dan rasa yang bisa menjadi inspirasi dalam memilih pakaian. Bagi saya pakaian adalah pelindung yang memberikan rasa percaya diri, menggambarkan suasana hati dan memberikan kekuatan kepada setiap perempuan yang memakainya," kata Ayudia.

Dalam koleksinya, Ayudia mengaku terinspirasi dari cerita-cerita wanita Indonesia yang ia himpun, Ayudia akhirnya menciptakan berbagai inspirasi gaya baru untuk menemani setiap momen yang bermakna agar para perempuan tetap nyaman untuk bergaya dalam berbagai situasi.

Dengan kolaborasi bersama Uniqlo Indonesia tersebut, Ayudia ingin menginspirasi setiap
perempuan untuk merasa nyaman dengan dirinya sendiri agar dapat terus berkarya dan bermimpi.

Terdapat setidaknya 400 jenis pakaian; mulai dari atasan, bawahan, hingga outer yang ia padu-padankan menjadi 50 inspirasi gaya.

Mulai dari Heattech Pullover Fleece Turtle Neck, Blus Rayon , Sweater 3D Rajut Katun Boat Neck, Gaun Panjang Mercerized A Line, hingga Rok Panjang Accordion Pleated.

Baca juga: Uniqlo kolaborasi dengan Jil Sander, luncurkan koleksi +J

Baca juga: UNIQLO unggulkan proteksi dan kenyamanan lewat produk masker wajahnya

Baca juga: CHAOS dan Uniqlo kolaborasi rilis UT


Oleh Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MUI Jabar imbau pengurus DKM waspadai crosshijaber

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar