Jakarta (ANTARA) - Petenis Australia Nick Kyrgios merasakan dampak dari kurangnya aktivitas turnamen selama 2020 akibat pandemi, dengan gagal membela negaranya dalam turnamen tenis beregu Piala ATP karena peringkatnya merosot ke nomor 46 dunia.

Petenis berusia 25 tahun itu terakhir bermain di Acapulco pada Februari dan memutuskan untuk tetap di rumahnya di Australia selama 11 bulan meski turnamen ATP di Eropa dan Amerika kembali dimainkan, demikian laporan Reuters menyebutkan, Rabu.

Setiap negara memiliki dua slot nomor tunggal yang jadi hak petenis peringkat teratas dari negara mereka. Untuk edisi tahun ini, dua posisi untuk Australia akan diisi oleh Alex de Minaur dan John Millman yang masing-masing berada di peringkat 23 dan 38.

Dua petenis itu akan bergabung dengan petenis ganda John Peers dan Luke Saville saat Australia berusaha meningkatkan hasil di semifinal turnamen perdana tahun lalu.

Baca juga: Rencana isolasi peserta Australian Open hadapi tantangan hukum
Baca juga: Australian Open terpaksa ganti hotel karantina


Piala ATP akan diadakan mulai 1-5 Februari di Melbourne menjelang Australian Open, Grand Slam pertama tahun ini, dan acara itu akan menampilkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dan petenis peringkat kedua Rafa Nadal.

"Para petenis berharap untuk melangkah dan mewakili negara mereka lagi di lapangan, termasuk juara bertahan asal Serbia dan finalis Spanyol," kata direktur turnamen Tom Larner.

"Ini adalah format yang menunjukkan semangat para pemain dan kami mengharapkan aksi tenis yang spektakuler," katanya melanjutkan.

Pengundian Piala ATP akan berlangsung pada 20 Januari.

Kyrgios, muncul sebagai sosok yang aktif melakukan penggalangan dana dan kesadaran untuk upaya bantuan kebakaran hutan Australia selama Piala ATP tahun lalu.

Sebagai gantinya, ia akan bermain di Melbourne 2, salah satu dari dua acara ATP 250 yang diadakan bersamaan dengan Piala ATP. Melbourne Park juga menyelenggarakan dua turnamen WTA 500 di samping acara tersebut.

Baca juga: Roger Federer mundur dari Australian Open setelah operasi lutut
Baca juga: Kurang sehat, petenis Prancis Tsonga absen di Australian Open 2021
Baca juga: Pandemi COVID-19, turnamen tenis Indian Wells 2021 diundur

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021