Saham Hong Kong melemah menyusul aksi jual obligasi dan saham AS

Saham Hong Kong melemah menyusul aksi jual obligasi dan saham AS

Ilustrasi - Indeks saham China di distrik Sentral keuangan di Hong Kong, Cina. ANTARA/REUTERS/Bobby Yip/am/pri.

Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong jatuh pada hari Jumat, menyusul aksi jual obligasi dan ekuitas AS, setelah Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell gagal menenangkan kekhawatiran investor atas kemungkinan lonjakan suku bunga pinjaman.

Dalam sambutannya, Powell menolak untuk menunjukkan bahwa Fed mungkin meningkatkan pembelian obligasi jangka panjang untuk menahan kenaikan suku bunga jangka panjang, tetapi mengulangi janjinya untuk menjaga kredit tetap longgar dan mengalir sampai orang Amerika kembali bekerja.

Pada penutupan perdagangan, Indeks Hang Seng turun 138,50 poin atau 0,47 persen menjadi 29.098,29. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,29 persen menjadi 11.292,22.

Baca juga: Saham Hong Kong merosot, Indeks Hang Seng jatuh 2,15 persen

Sub-indeks Hang Seng yang melacak sektor TI merosot 1,49 persen, sektor keuangan berakhir 0,19 persen lebih rendah dan sektor properti turun 0,43 persen.

China merombak sistem pemilihan Hong Kong pada hari Jumat, yang merupakan pukulan lanjutan bagi sistem demokrasi di kota itu, serta menetapkan target pertumbuhan ekonomi konservatif untuk tahun ini, ketika sidang tahunan parlemen dimulai.

Saham yang mengalami kenaikan paling tinggi di Hang Seng adalah Industrial and Commercial Bank of China Ltd, yang naik 3,6 persen, sedangkan yang rugi terbesar adalah Xiaomi Corp, yang turun 3,74 persen.

Baca juga: Saham Cina akhir pekan melemah, Indeks Shanghai turun 0,04 persen

Indeks saham utama di China, Shanghai Composite ditutup turun 0,04 persen pada 3.501,99 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 berakhir turun 0,34 persen.

Yuan dikutip pada 6,4768 per dolar AS pada 08:38 GMT, 0,09 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya pada 6,4708.

Saham-H dengan kenaikan tertinggi adalah China Tower Corp Ltd yang naik 5,13 persen, diikuti oleh Agricultural Bank of China Ltd, naik 4,42 persen dan Industrial and Commercial Bank of China Ltd, naik 3,6 persen.

Tiga saham-H yang turun terbesar adalah Alibaba Health Information Technology Ltd, yang turun 8,11 persen, JD Health International Inc, yang turun 5,08 persen dan Kuaishou Technology, turun 4,87 persen.

Baca juga: Saham Tokyo berakhir bervariasi, Indeks Nikkei turun 0,23 persen

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penutupan perdagangan, ini capaian BEI sepanjang 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar