Jakarta (ANTARA) - Para penggemar grup idola Korea Selatan akhirnya dapat menyaksikan "Kingdom: Legendary War" mulai bulan ini, kompetisi tersebut merupakan yang paling dinanti dengan menampilkan kontestan dalam pertarungan pertunjukan 100 detik.

Setiap episode yang mendebarkan ini berpotensi menghancurkan mental para anggota boy grup yang sudah memiliki nama besar. Tak heran, kekecewaan akan jelas muncul di raut wajah mereka yang menduduki peringkat terbawah.

Inilah kehebatan variety show yang menggambarkan perjuangan darah muda dalam mewujudkan impian mereka menjadi raja baru Kpop yang siap menggemparkan dunia.

Baca juga: Changbin & Seungmin Stray Kids rilis lagu duet peringati debut 3 tahun

Baca juga: Yunho TVXQ mundur dari "Kingdom", sisakan Changmin jadi pemandu solo


Siapakah yang muncul menjadi pemenang di akhir episode "Kingdom: Legendary War" yang tayang setiap Sabtu di Viu? Temukan dulu beberapa fakta serunya.

1. Ajang survival boy group ternama

Pada tahun 2019, Mnet telah berhasil mengadakan ajang yang sama dengan girl group, bernama "Queendom". "Kingdom: Legendary War" merupakan ajang survival versi boy group.

Sebelum menuju ke "Kingdom: Legendary War", Mnet telah mengadakan Road to Kingdom di tahun 2020. Acara ini diadakan sebagai prekuel dari "Kingdom: Legendary War" dan The Boyz terpilih menjadi pemenangnya.

Nantinya akan ada 4 babak yang wajib diikuti oleh setiap boy group yang menjadi peserta dan babak final akan disiarkan secara live. Pemenang utama akan dibuatkan reality show khusus dan akan diberikan acara khusus bernama "Kingdom Week".

2. Ada 6 boy group yang memeriahkan kompetisi

The Boyz merupakan pemenang dari Road to Kingdom yang diadakan pada tahun 2020 yang lalu. Sebagai pemenang, The Boyz mendapatkan kursi di ajang "Kingdom: Legendary War".

Kompetisi menjadi semakin ramai, karena The Boyz akan bersaing dengan boy group senior seperti BtoB, iKON, dan SF9. Pesaing lain yang dihadirkan adalah Stray Kids dan Ateez.

BtoB menjadi grup senior yang diwakilkan oleh empat anggota saja karena anggota lain sedang melakukan wajib militer, dianggap dapat menunjukkan performa besar melalui musiknya.

iKON memiliki banyak lagu yang menjadi hits, SF9 dikenal karena banyak anggotanya yang menjadi aktor dan ketampanan mereka, lalu kemampuan The Boyz sudah terlihat melalui kompetisi sebelumnya. Sementara Stray Kids memiliki banyak video yang sudah ditonton lebih ada 100 juta kali, dan Ateez mempunyai penggemar global yang kuat.

Baca juga: Pihak "Kingdom" jawab kontroversi dugaan tak adil pada idola peserta

3. Changmin menjadi host terbaru

Changmin merupakan idola generasi kedua di Korea Selatan. Sejak kemunculannya di dunia entertainment sebagai salah satu anggota dari TVXQ maupun aktor, kehadiran Changmin kerap mencuri perhatian.

Kali ini, Changmin didaulat sebagai host terbaru dari "Kingdom: Legendary War". Sebagai salah satu idola senior, ada banyak idola di generasi yang sama maupun generasi di bawahnya yang menjadikan Changmin sebagai panutan. Kehadiran Changmin memberikan nuansa baru terhadap acara ini.

4. Tidak ada eliminasi mingguan

Eliminasi merupakan hal yang lazim ditemukan pada ajang kompetisi. Biasanya pada puncak acara akan tersisa dua kandidat untuk menentukan pemenang utamanya. Namun hal ini tidak terjadi dengan "Kingdom: Legendary War".

Mnet sebagai penyelenggara telah mengumumkan tidak ada eliminasi pada setiap babak. Pada setiap babak, penonton akan disuguhkan berbagai penampilan yang berbeda dan spektakuler yang dihadirkan peserta "Kingdom: Legendary War".

5. Empat kriteria penilaian

Meskipun tidak ada eliminasi dalam "Kingdom: Legendary War", ajang survival ini memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan pemenang.

Terdapat empat kriteria untuk memilih pemenang utama. Pertama, voting dari grup pesaing 25 persen, voting dari para profesional di bidangnya sebesar 25 persen, dari penggemar (dari penggemar domestik dan di seluruh dunia) sebanyak 40 persen dan terakhir adalah perhitungan dari jumlah penonton video performance sebesar 10 persen.

Ada 30 orang profesional di bidangnya yang diundang oleh Mnet ke panel untuk membantu perhitungan suara. Peran penggemar tidak kalah penting dalam membantu idola untuk memenangkan kompetisi, karena itu Mnet memasukkan voting dari penggemar sebagai salah satu kriteria.

Baca juga: Stray Kids pemenang kompetisi penampilan 100 detik "Kingdom"

Baca juga: "Kingdom" umumkan perolehan suara global, ATEEZ di urutan lima

Baca juga: "Kingdom" tak akan ada eliminasi lalu curhat ATEEZ hingga Stray Kids

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021