Jakarta (ANTARA) - Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kulit kerap kali terasa lebih kering dan bersisik dari biasanya akibat tubuh mengalami dehidrasi.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistemnya bergantung pada air, tidak terkecuali kulit. Ketika berpuasa dan asupan air berkurang, tubuh akan menyerap kelembapan pada kulit untuk memenuhi cairan tubuh, yang bisa membuat kulit menjadi lebih kering saat berpuasa.

Chief Marketing Officer dari jenama kosmetik asal Indonesia Joselin, Syefriandhi di Jakarta pada Rabu mengungkapkan sejumlah tips agar kulit tetap sehat dan glowing selama puasa:

1. Konsumsi air putih yang cukup
Untuk menghindari rasa tak nyaman akibat kulit kering tersebut, kita harus menjaga kelembapan kulit.

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah memperhatikan asupan cairan. Minum setidaknya dua liter air dalam sehari untuk menjaga elastisitas kulit. Anda bisa mengatur asupan air di saat-saat berbuka hingga sahur.

2. Perbanyak sayur dan buah
Selain itu perbanyak makan buah dan sayur karena selain mengandung air, buah dan sayur juga mengandung nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan kulit.

Pilih buah dan sayur yang mengandung vitamin C karena vitamin C mampu merangsang produksi kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: Serba serbi "face oil", dari manfaat hingga cara pemakaian yang tepat

Baca juga: Mengenal tren perawatan kulit "Skinmalism"


3. Hindari minuman berkafein dan soda
Minuman kafein dan soda terbukti membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi, dan menyedot mineral dalam tubuh yang bisa menimbulkan efek negatif pada kulit.

Hindari dua jenis minuman ini agar hidrasi kulitmu selama puasa tetap terjaga.

Selain itu juga kurangi konsumsi gula. Gula meningkatkan produksi minyak, yang dapat mengeringkan kulit dan membuatnya tampak kusam. Gula juga mengikat dan merusak protein, yang dapat menyebabkan kulit kendor dan keriput.

4. Cukup tidur
Tubuh manusia akan pulih dan memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tidur, dan ini juga berlaku untuk kulit. Waktu tidur adalah saat kulit Anda membuat kolagen baru, yang mencegah keriput dan kendur.

5. Jangan lupakan tabir surya
Saat berpuasa, kulit menjadi lebih kering dan dehidrasi. Kondisi seperti ini bisa lebih parah ketika paparan sinar matahari mengenai kulitmu yang tidak terlindungi selama beraktivitas. Oleh karena itu, pastikan kamu menjadikan tabir surya sebagai sahabat untuk kulit.

"Kamu bisa menggunakan Advanced Bright Protection dari Joselin untuk melindungi kulitmu saat beraktivitas. Advanced Bright Protection merupakan body lotion yang diperkaya dengan 8 ingredients terbaik untuk melindungi kulit tubuh dan leher dari sinar UV A/B, melembabkan, serta menutrisi kulit sejak 2 menit setelah pemakaian," kata Syefriandhi.

6. Gunakan pelembap
Kondisi kulit yang lebih mudah kering saat berpuasa disarankan untuk tetap menghidrasi kulit dari luar dengan menggunakan pelembap kulit.

Memilih pelembap yang tepat untuk kulitpun tidak boleh sembarangan. Tidak hanya sekadar melembapkan, kamu harus memastikan bahwa produk yang kamu gunakan sudah memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit.

"Pure Bright Secret dari Joselin bisa kamu jadikan pilihan, karena body lotion ini sudah diperkuat dengan 9 miracle ingredients, yang mampu mencerahkan dan merawat kulit tangan, kaki dan leher, serta melembabkan selama 12 jam. Merawat kulit agar tetap lembap dan sehat selama puasa, nyatanya tidak sulit kan untuk dilakukan? Selama kamu bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan ditunjang dengan produk-produk yang kaya akan manfaat, kulit sehat selama berpuasa tentu bisa kamu dapat," katanya.

Baca juga: Tren riasan natural jadi primadona saat Ramadhan dan Lebaran

Baca juga: Kiat rawat kulit tetap sehat dan cantik di bulan Ramadhan

Baca juga: Rayakan Ramadhan, Body Shop rilis rangkaian baru untuk hidrasi kulit

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021