Doa untuk Palestina Gigi Hadid hingga Natalie Portman di Idul Fitri

Doa untuk Palestina Gigi Hadid hingga Natalie Portman di Idul Fitri

Model Gigi Hadid. (REUTERS/GONZALO FUENTES)

Jakarta (ANTARA) - Doa dan dukungan untuk Palestina merebak di kalangan selebritas dunia yang beragama Islam pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Mulai dari Bella dan Gigi Hadid, hingga Zayn Malik dan Riz Ahmed, mereka menggunakan platform media sosial mereka untuk menyebarkan kesadaran akan konflik yang terjadi, hingga memberikan berbagai pilihan bagi para penggemarnya untuk ikut serta membantu.

Supermodel dunia Bella dan Gigi Hadid merupakan dua di antara sederet nama yang aktif menyuarakan hal tersebut di media sosial. "Rasa benci dari semua sisi tidak ada yang baik. Ini adalah soal kemanusiaan, bukan agama. Ini adalah tentang kemerdekaan dan kebebasan di Palestina," kata Bella Hadid dikutip dari Instagram-nya, Kamis.

Sang adik, Gigi Hadid juga menyuarakan hal yang sama. Salah satu dari bersaudara yang memang memiliki darah Palestina dari sang ayah itu mengatakan, "Kita tidak bisa memilih siapa yang berhak memiliki hak kemanusiaan."

Sementara itu, pasangan dari Gigi yaitu penyanyi Zayn Malik -- yang biasanya tidak aktif di media sosial, menggunakan platformnya tepat satu hari sebelum perayaan Idul Fitri untuk menggaungkan doa dan dukungan untuk Palestina. Ia membagikan sebuah unggahan "What's Happening in Sheik Jarrah" yang juga sudah dibagikan ulang beberapa selebritas dunia lainnya termasuk oleh Gigi dan komedian Hasan Minhaj.

"Saya berdiri bersama para warga Palestina dan mendukung mereka untuk mendapatkan perlindungan atas hak asasi mereka. Hati saya bersama para keluarga yang kehilangan orang-orang tercintanya. Kita semua tidak bisa berdiam diri saja menyaksikan anak-anak menjadi yatim-piatu dan dibunuh. Ini semua harus berakhir. Bebaskan Palestina," tulis mantan personel One Direction itu.

Di sisi lain, sederet bintang dunia lainnya seperti komedian Hasan Minhaj, Ramy Youssef, Maher Zain, hingga aktor yang mendapatkan nominasi Oscar tahun ini, Riz Ahmed, juga menyuarakan hal yang sama.

Selebritas Hollywood yang tidak memeluk agama Islam pun juga melakukan hal yang sama. Viola Davis sebelumnya pada hari Senin menerbitkan serangkaian posting Instagram dengan tajuk "Mari kita bicarakan apa yang terjadi di Sheikh Jarrah," menyoroti keadaan buruk orang-orang Palestina di daerah tersebut, menunjukkan bahwa penggusuran paksa melanggar hukum internasional.

Natalie Portman, yang pada 2018 menolak Genesis Prize dari Israel setelah pasukan Israel menembak dan membunuh sejumlah warga Palestina yang memprotes di perbatasan Gaza, kemudian membagikan unggahan Instagram Davis.


Baca juga: Penyataan Gal Gadot soal Palestina tuai reaksi

Baca juga: Erdogan, Putin bahas ketegangan di Gaza via telepon

Baca juga: Aliansi Umat Islam Jabar gelar aksi kutuk serangan Israel ke Palestina

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nahdliyin Malang Raya galang dana untuk Palestina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar