Jakarta (ANTARA) - Satu pekan setelah dikalahkan ALexander Zverev dalam perempat final Madrid Open, Rafael Nadal membalasnya dengan kemenangan pada perempat final Italian Open di Roma, Jumat.

Unggulan kedua Nadal menyelamatkan delapan break point yang dihadapinya pada set kedua untuk mengalahkan Zverev 6-3, 6-4 dalam dua jam di lapangan utama.

"Saya senang memainkan pertandingan yang sangat solid dengan tidak banyak kesalahan, bermain seperti yang saya harus lakukan. Ini kemenangan penting bagi saya melawan petenis hebat," kata Nadal dalam laporan ATP Tour.

Kemenangan Nadal mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun melawan petenis peringkat enam ATP itu dan meningkatkan catatan pertemuannya melawan Zverev menjadi 6-3.

Baca juga: Opelka catatkan semifinal ATP Masters perdananya di Roma

Nadal kini hanya berjarak dua kemenangan lagi untuk menyamai rekor perolehan 36 gelar ATP Masters 1000 milik Novak Djokovic. Dia juga berusaha memenangkan 10 atau lebih gelar di satu ajang untuk keempat kalinya.

Petenis berjuluk "Raja Tanah Liat" itu sudah menorehkan 13 piala Grand Slam Roland Garros (French Open), 12 piala Barcelona dan 11 gelar Monte Carlo.

Pada babak empat besar, dia akan bertemu petenis Amerika Serikat Reilly Opelka pada Sabtu. Sebelumnya, Opelka lolos dari perempat final dengan mengalahkan Federico Delbonis 7-5, 7-6(2) di Grand Stand Arena.

"Saya akan menghadapi tantangan besar melawan petenis yang servisnya hampir tidak bisa dikembalikan. Reilly bermain bagus, saya harus sangat fokus dengan servis saya dan mengembalikan serangan," ungkap Nadal.

Baca juga: Nadal habiskan 3,5 jam tundukkan Shapovalov di Italian Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021