Jakarta (ANTARA News) - Salah satu band pendatang baru di belantika musik Indonesia, Rich Band, dipercaya untuk melantunkan "Lir-Ilir", lagu soundtrack film "Sang Pencerah".

Film "Sang Pencerah" menceritakan tentang pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, dan disutradarai Hanung Bramantyo.

Hanung Bramantyo dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta Selasa mengatakan, Rich Band dipilih untuk mengisi soundtrack karena berhasil mengaransemen lagu Lir-Ilir sesuai dengan kebutuhan film bernuansakan sejarah itu.

"Terus terang, karena aransemen akustiknya, maka saya memilih RICH Band untuk turut mengisi soundtrak 'Sang Pencerah' bersama Nidji yang membawakan lagu 'Tuhan Maha Cinta' dan 'Mars Muhammadiyah' yang dinyanyikan Rossa," kata Hanung.

Dalam film tersebut, lagu 'Lir-Ilir' karya Sunan Kalijaga, didendangkan dengan aransemen baru bernuansa akustik.

"Sesungguhnya aliran band kami bukan akustik melainkan Britpop tapi begitu ditawarkan untuk mengaransemen Lir-Ilir, kami sangat tertarik, karena ini momentum buat kami," ujar Gibran Aribaswara, sang keyboardis yang juga komposer RICH Band.

Selain Gibran, RICH Band beranggotakan Vickrie Keozz (drum), Ferdi Ferdiansyah (gitar), Yogi Triwibowo (bass), Untung Febriansyah (gitar) dan Reza Alatas (vokal).

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010