Medan (ANTARA News) - Koni Medan menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan dan Dinas Pendidikan Kota Medan dalam upaya meningkatkan prestasi atlet daerah itu terutama atlet-atlet dari kalangan pelajar.

Ketua Umum Koni Medan, Drs Zulhifzi Lubis, di Medan, Rabu malam mengatakan, tujuan utama kerjasama tersebut adalah demi meningkatkan pembinaan olahraga di kalangan pelajar serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan prestasi atlet-atlet Kota Medan kedepannya dapat lebih meningkat lagi baik tingkat nasional maupun internasional karena pembinaannya sudah dimulai sejak dini," katanya.

Penandatanganan nota kerja sama kesepahaman (MoU) antara Koni Medan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan dan Universitas Negeri Medan juga disaksikan Walikota Medan Rahudman Harahap, Pembantu Rektor II Unimed Chairul Azmi dan Kadisdik Kota Medan Hasan Basri.

Lebih lanjut Lubis mengatakan, salah satu program terbesar Koni Medan adalah akan menjadikan Medan sebagai kota atlet sesuai permintaan Walikota Medan dan DPRD Medan.

Untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan program tersebut, baik dari perguruan tinggi, dinas terkait, pihak sekolah para pengusaha, masyarakat maupun Pemko Medan sendiri.

"Kami tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak, Untuk itulah kami menjalin kerja sama dengan Unimed dan Disdik Kota Medan, katanya.

Sekretaris umum Koni Medan, Ir Abdullah mengatakan, dengan adanya jalinan kerjasama tersebut akan memudahkan dalam melakukan pembinaan terhadap atlet dari kalangan pelajar.

"Kita harapkan para kepala sekolah dapat membentuk klub-klub olahraga dimasing-masing sekolahnya. Mengenai pelatihnya akan kita sediakan tentunya dengan berkoordinsi masing-masing induk cabang olahraga," katanya.

Sementara itu kerjasama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed, akan memudahkan para atlet untuk melanjutkan pendidikan ke janjang yang lebih tinggi lagi.

"Yang lebih penting dari kerjasama ini adalah kita dapat melakukan penerapan Iptek dalam melakukan pembinaan terhadap para atlet-atlet kita," katanya.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed, Basyaruddin Daulay, mengatakan, berdasarkan UU No3 tahun 2005 tentang sistem olahraga nasional mengamanahkan bahwa pengembangan Iptek olahraga harus di upayakan oleh semua pihak.

Untuk itu pihaknya merasa bertanggungjawab untuk melaksanakan amanah undang-undang tersebut dan siap memajukan olahraga didaerah itu dengan mendidik atlet-atlet berprestasi.

"Kami bangga dengan prestasi yang diraih atlet-atlet Kota Medan yang berhasil tampil sebagai juara umum di Porwilsu baru-baru ini. Hendaknya prestasi tersebut dapat lebih ditingkatkan pada jenjang yang lebih tinggi lagi," katannya. (ANT/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010