Dukungan ini sifatnya kemanusiaan dan tidak untuk kepentingan komersial
Jakarta (ANTARA) - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk ikut berpartisipasi memasok oksigen untuk memenuhi kebutuhan penanganan pandemi COVID-19 yang kini makin meningkat.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan untuk tahap awal oksigen yang dihasilkan akan dialokasikan untuk kebutuhan Provinsi Banten dan Jakarta, namun tidak menutup kemungkinan dikirim menggunakan tangki ke daerah yang membutuhkan.

"Pada hari Minggu pagi (27/6/2021), kami dihubungi oleh Pak Luhut Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Investasi) dalam kaitan membantu memasok oksigen untuk penanganan COVID-19. Setelah dilakukan pengecekan ke pabrik oksigen Krakatau Steel di Cilegon, kami berikan oksigen yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19 secara gratis," kata Silmy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Krakatau Steel memproduksi oksigen untuk memenuhi kebutuhan pabrik baja pada proses pembuatan baja di semua lini produksi baik dari iron making, steel making, maupun rolling mill.

Oksigen tersebut digunakan pada proses steel making dalam proses peleburan dan pascaproduksi untuk membantu proses pemotongan produk.

Kebutuhan oksigen Krakatau Steel didistribusikan dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel dengan volume 5.000 NM3 per jam.

"Pabrik oksigen Krakatau Steel dapat mengisi 19 botol tabung oksigen secara bersamaan selama 30 menit, sehingga dalam waktu setengah hari kami dapat menghasilkan total 300 botol tabung oksigen," ujar Silmy.

Kapasitas tangki penampungan oksigen cair sebesar 100.000 liter atau setara 237.131 NM3 dapat menghasilkan sekitar 39.521 botol oksigen siap pakai. Saat ini, Krakatau Steel memiliki 300 tabung gas oksigen masing-masing berkapasitas 6 NM3.

"Dukungan ini sifatnya kemanusiaan dan tidak untuk kepentingan komersial," tutup Silmy.

Baca juga: Krakatau Steel raih laba Rp326 miliar pada 2020
Baca juga: Indonesia kembali berikan 2.000 tabung oksigen kepada India
Baca juga: Polri cek persediaan tabung oksigen bagi pasien antisipasi kelangkaan

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021