Jakarta (ANTARA) - Indeks FTSE 100 di Bursa Saham London, Inggris, naik pada awal perdagangan hari Jumat, dipimpin oleh raksasa pertambangan dan peritel, meskipun investor khawatir bahwa ekonomi yang terlalu panas dapat menyebabkan bank sentral mengurangi pembelian aset lebih awal dari yang diperkirakan.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,3 persen, menuju kenaikan mingguan keempat berturut-turut, kenaikan beruntun terpanjang sejak November tahun lalu. Saham-saham perusahaan pertambangan logam mulia dan industri, serta ritel memimpin kenaikan.

Indeks saham kapitalisasi menengah (mid-cap) FTSE 250 yang fokus di dalam negeri naik 0,2 persen untuk mencapai rekor tertinggi dengan perusahaan teknik Inggris Babcock memimpin kenaikan.

Baca juga: Saham Inggris melemah, Indeks FTSE 100 turun terseret saham energi

Babcock melonjak 6,8 persen ke puncak indeks mid-cap setelah setuju untuk menjual unit konsultasi Frazer-Nash seharga 293 juta pound (404,5 juta dolar AS) secara tunai.

Miner BHP Group naik hampir satu persen setelah ekspektasi berkembang bahwa perusahaan itu akan menetapkan kepastian masa depan bisnis perminyakannya melalui kinerja yang akan dirilis minggu depan.

Baca juga: Saham Eropa capai level tertinggi baru, terkerek pendapatan kuat

Baca juga: IHSG akhir pekan diperkirakan stagnan di tengah melemahnya bursa Asia


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021