Los Angeles (ANTARA News) - Rapper Jay-Z membuat muram pesaing utama Grammy, Eminem, saat tayangan penganuhrahan penghargaan musik tersebut berlangsung pada Ahad (13/2), sementara peraih dua Grammy Lady Gaga tampil di permadani merah dibungkus telur raksasa.

Jay-Z meraih tiga penghargaan awal termasuk dua penghargaan buat duetnya dengan Alicia Keys mengenai "Empire State of Mind", surat cinta buat New York yang akan bersaing untuk rekor akhir tahun ini. Bintang hip-hop itu mengantungi enam nominasi secara keseluruhan.

Eminem, yang memimpin dengan 10 nominasi, menerima hanya satu Grammy awal. Ia akan bersaing ketat dengan Jay-Z untuk record of the year dan album rap terbaik. Eminem juga akan bersaing untuk "song" dan "album of the year".

Tapi kekalahnnya atas Jay-Z, Lady Gaga dan bahkan ikon jazz Herbir Hancock menunjukkan tayangan penyerahan penghargaan tersebut takkan jadi Valentine dini buat rapper itu.

Lady Gaga masih berada di dalam telurnya ketika ia digotong ke panggung Staples Center untuk menampilkan singelnya yang baru diluncurkan "Born This Way", seruan toleransi yang mengingatkan orang pada album Madonna "Express Yourself".

Penyanyi pop yang gemerlap tersebut menarik perhatian karena pakaiannya dalam acara penyerahan penghargaan. Tapi kini ia memilih penampilan yang tenang setelah ia mengenakan pakaian yang seluruhnya terbuat dari daging mentah di Video Music Awards di MTV tahun lalu.

Tayangan itu dimulai lewat penghargaan buat "Ratu Soul" Aretha Franklin, yang sedang berjuang melawan penyakit yang tak dijelaskan. Setelah penampilan artis seperti Christina Aguilera dan Jennifer Hudson, Aretha tampil di layar dan berjanji akan hadir dalam acara tahun depan.

Penyanyi country Miranda Lambert meraih Grammy pertama sepanjan karirnya setelah debut penampilan Grammya dengan lagu nominasi "The House That Built Me".
(C003/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011