Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura optimistis bisa tetap eksis meski Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2011 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tidak membolehkan klub sepakbola professional dibiayai APBD.

Ketua Harian Persipura La Siya di Jayapura Sabtu mengatakan bahwa Persipura masih bisa berjalan walau tanpa dana APBD.

Menurutnya, ada dua hal yang harus dijalankan oleh manajemen, yakni merangkul sponsor serta bila perlu memanfaatkan pemain-pemain putra asli Papua untuk berlaga pada kompetisi mendatang.

"Persipura masih bisa berjalan tanpa harus menggunakan dana APBD, dan pekerjaan besar menanti kepada manajemen untuk terus menggenjot mencari sponsor," katanya.

Cara lain adalah memaksimalkan pemain-pemain lokal, tanpa mengontrak pemain luar Papua karena masih banyak potensi-potesi di Papua yang belum dimaksimalkan," Sambung La Siya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri secara resmi mengeluarkan aturan yakni Permendagri Nomor 1 Tahun 2011 yang diterbitkan 23 Mei 2011 tentang Perubahan Kedua dari Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelola keuangan daerah dan Permendagri Nomor 22 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2012.

Peraturan itu, antara lain menegaskan untuk anggaran tahun 2012 tak boleh lagi ada dana untuk sepak bola profesional

Sementara itu, mantan pemain Persipura, yang kini anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Jack Komboy, kepada ANTARA Jayapura mengatakan bahwa dirinya menilai tim kebanggaan masyarakat Papua itu tidak akan terpengaruh dan bahkan tetap eksis dalam persepakbolaan Indonesia dan mancanegara.

"Saya yakin tanpa APBD, Persipura tetap eksis. Sudah ada contoh seperti Arema yang juga bisa mandiri. Apalagi, animo masyarakat Papua yang begitu tinggi, terhadap tim kesayangannya itu," katanya.

Dia menambahkan, banyaknya animo masyarakat Papua pada sepak bola dan dukungan pihak-pihak terkait kepada tim Persipura, akan membuat tim berjuluk Mutiara Hitam tidak akan sulit menjadi klub sepakbola mandiri yang sangat maju.

"Kami akui selama ini masih ada dukungan dana APBD kepada Tim Persipura, Saya yakin Persipura bisa berjalan tanpa harus bergantung pada alokasi dana APBD, dan semua ini saya kembalikan kepada manajemen untuk mengurusnya. Tapi yang jelas Persipura Jayapura bisa berjalan tanpa dana dari pemerintah," tegasnya.

(KR-MBK/F002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011