Hari ini saya yang mendapat kemenangan setelah menghadapi lawan yang juga layak menang
Jakarta (ANTARA) - Tim Spanyol menjadi yang pertama lolos ke babak final ATP Cup 2022 setelah mengalahkan Polandia di semifinal dengan skor 2-1 di Sydney, Australia, Jumat.

Keunggulan Spanyol diperoleh dari nomor tunggal yang dimainkan Pablo Carreno Busta dan Roberto Bautista Agut pada dua sesi awal di Ken Rosewall Arena. Sementara dari nomor ganda, Spanyol yang diwakili Pedro Martinez/Albert Ramos Vinolas tak berkutik saat menghadapi pasangan Szymon Walkow/Jan Zielinski.

Ialah Roberto yang menjadi kunci kesuksesan Spanyol melenggang ke partai puncak, setelah mencatatkan skor 7-6(6), 2-6, 7-6(5) atas Hubert Hurkacz.

Baca juga: Pablo Carreno Busta buka kemenangan bagi Spanyol di semifinal

"Ini pertandingan yang akan selalu saya ingat. Hari ini saya yang mendapat kemenangan setelah menghadapi lawan yang juga layak menang," kata Roberto soal pertandingannya, demikian laporan resmi ATP menyebutkan.

Pada edisi 2019, petenis berusia 33 tahun itu juga memainkan peran penting di nomor tunggal dalam usaha Spanyol menuju ke final, namun sayang akhirnya timnya kalah oleh Serbia.

Hurkacz punya keinginan kuat agar negaranya tetap bertahan dan masuk ke babak final, bahkan ia tak segan memainkan teknik yang luar biasa hari ini. Tapi Roberto tak kenal lelah, dan akhirnya muncul sebagai pemenang setelah berjuang dua jam dan 44 menit.

Baca juga: Medvedev bawa Rusia ke semifinal ATP Cup

"Dia memainkan permainan yang sulit, tetapi saya hanya berusaha fokus dan bekerja keras hingga akhirnya meraih kemenangan," Roberto menceritakan.

Pada sesi pertama, petenis tunggal putra Spanyol lainnya yaitu Pablo keluar sebagai pemenang dalam pertandingan melawan Jan Zielinski dengan skor 6-2, 6-1.

Kekalahan ganda putra Spanyol dengan skor 6-4, 3-6, 6-10 dari wakil Polandia tak mempengaruhi dua kemenangan untuk mengamankan laga partai puncak. Tim Matador selanjutnya masih menanti calon lawan antara Rusia dan Kanada yang akan bertemu pada hari Sabtu untuk memperebutkan satu tiket final yang tersisa.

Baca juga: Sinner buka kemenangan pertama Italia atas Rusia dalam ATP Cup

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022