Seol Kyung-gu akui tak mudah perankan politisi di film "Kingmaker"

Seol Kyung-gu akui tak mudah perankan politisi di film "Kingmaker"

Aktor Seol Kyung-gu dalam film "Kingmaker". (ANTARA/HO-Megabox Plus M)

Saya memberi tahu sutradara Byun Sung-hyun, saya menginginkan peran Chang-dae sebagai gantinya, tapi dia tegas menolak
Jakarta (ANTARA) - Aktor asal Korea Selatan Seol Kyung-gu mengaku kesulitan ketika mendalami karakter politisi di film baru “Kingmaker” karya sutradara Byun Sung-Hyun.

Sebelumnya, ia pernah memerankan karakter yang didasarkan pada tokoh sejarah Jeong Yak-jeon, seorang sarjana terkemuka di era Joseon, di film “The Book of Fish”. Jika dibandingkan dengan “The Book of Fish”, Seol mengaku karakter dalam “Kingmaker” jauh lebih sulit.

Meski karakter dalam “Kingmaker” fiksi, namun film ini terinspirasi dari sosok politisi terkemuka Korea Selatan, yaitu mantan Presiden Kim Dae-jung yang menjabat pada 1998 hingga 2003.
​​​​​​
Baca juga: Jeon Do-yeon dan Seol Kyung-gu akan tampil di film "Kill Bok-soon"

“Itu tidak mudah karena saya tidak ingin menirunya. Saya mencoba melihat sesuatu dalam kualitas laki-laki ini. Ada kemanusiaan dan kesopanan yang sederhana tentang dia yang saya coba fokuskan,” katanya kepada The Korea Times, dikutip Selasa.

Pada awalnya, nama karakter utama dalam “Kingmaker” dibuat dengan menggunakan nama Kim Dae-jung. Seol menolak memerankan karakter yang persis sama karena politisi tersebut merupakan tokoh yang dikagumi oleh banyak orang di Korea.

“Saya memberi tahu sutradara Byun Sung-hyun, saya menginginkan peran Chang-dae sebagai gantinya, tapi dia tegas menolak. Jadi saya minta agar dia menggunakan nama fiktif daripada nama asli karena itu bukan biopik,” ujarnya.

Seol mengatakan dirinya memiliki lebih banyak ruang interpretasi atas peran dan cerita karena film ini hanya mengambil inspirasi alih-alih menampilkannya secara faktual.

Baca juga: Jeon Do-yeon dan Seol Kyung-gu main di film thriller "Kill Boksoon"

Meski demikian, ia tak menyangkal bahwa dirinya gugup ketika tim produksi mengadakan pemutaran VIP yang dihadiri oleh putra mendiang presiden.

“Saya sangat gugup, saya menahan kepala dan menghindari kontak mata selama acara. Saya kemudian mendengar bahwa dia menikmati film itu,” tuturnya.

Dalam drama politik tersebut, Seol berperan sebagai Kim Woon-beom, seorang kandidat partai oposisi yang gagal dalam beberapa pemilihan kepala daerah. Dia bekerja sama dengan ahli strategi politik Seo Chang-dae (diperankan oleh Lee Sun-kyung) untuk memenangkan pemilihan lokal dan mencalonkan diri untuk pemilihan presiden.

Aktor berusia 54 tahun itu juga mengungkap alasan mengapa ia sering berkolaborasi dengan sutradara Byun. Keduanya pernah bekerja sama di “The Merciless” (2017) dan baru-baru ini mereka memberi kabar akan kembali berkolaborasi dalam film thriller Netflix “Kill Boksoon”.

“Kami membangun rasa saling percaya saat syuting ‘The Merciless’, dan saya memiliki keinginan untuk bersatu kembali dengan kru film sekali lagi. Saya memainkan peran kecil dalam 'Kill Boksoon' yang akan datang, tapi saya pikir akan menyenangkan untuk turut serta di dalamnya,” katanya.

Setelah mengalami penundaan selama beberapa kali karena pandemi, “Kingmaker” akhirnya akan tayang di bioskop Korea pada 26 Januari.

Baca juga: Cerita Park So-dam saat dalami peran "Special Delivery"

Baca juga: Kalahkan "Encanto", film "Spiritwalker" rajai box office Korea Selatan


 

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar