Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan yang ingin maju selalu mendengarkan kritik dan keluhan pelanggannya, tapi dalam era media sosial sekarang ini, bagaimana untuk mengetahi apabila pelanggan mengeluh di Facebook atau Twitter.

Penyedia solusi komunikasi dan kolaborasi bisnis global, Avaya, menawarkan solusinya, Avaya Aura Contact Center 6.2 (AACC 6.2), untuk menjawab segala permasalahan dimaksud.

"Jika permasalahan pelanggan tidak cepat ditangani, maka sudah pasti pelanggan itu akan pindah ke perusahaan lain yang memiliki pelayanan lebih baik," kata Endang Rachmawati, Country Director Avaya Indonesia mengutip hasil survei call center.net.

Perangkat itu berfungsi sebagai contact center yang terintegrasi dengan semua perangkat dan jaringan seperti voice mall, chatting, email, telepon, video bahkan komentar di media sosial mengenai perusahaan tersebut.

"Jadi perusahaan bisa langsung mengambil langkah jika ada keluhan dari para pelanggan, bahkan perangkat ini bisa memfilter setiap komentar pelanggan yang mengeluh di Facebook dan Twitter," kata Endang ketika menemui media disela acara Avaya Customer Experience Tour di Hotel Ritz Charlton, Jakarta pada Kamis (21/7).

Avaya Aura Contact Center 6.2 akan melacak setiap komentar pelanggan jika komentar itu berisi keluhan akan segera langsung ditanggapi sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama dan komentar yang bersifat positif atau usulan akan langsung dikirimkan ke pihak marketing perusahaan.

"Perangkat ini bisa langsung merespon komentar pelanggan di Twitter saat itu juga," katanya.

Perusahaan itu juga bisa membuat promosi atau iklan di perangkat tersebut dan bisa langsung terhubung dengan perangkat pelanggan dimanapun mereka berada sehingga sistem komunikasi antar pelanggan dan perusahaan akan terus berjalan setiap saat.

Felix Leong, Regional Manager Contact Center Solutions, Asia Pasific menilai biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk contact center sangat besar karena perusahaan saat ini membuat divisi-divisi contact center yang terpisah seperti operator email sendiri, operator telepon sendiri dan operator video sendiri.

Jarang perangkat contact center yang beredar di pasar saat ini yang sudah terintegrasi dengan media sosial dan multimedia karena perangkat contact center yang beredar di pasar saat ini baru masuk dalam tahapan telepon, sms dan email saja.

"Satu aplikasi dari Avaya Aura Contact Center 6.2 bisa meng-handle semuanya sehingga perusahaan tidak perlu membuat operator-operator secara terpisah," katanya.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011