Angin kurang bersahabat dengan para peserta sehingga pelayaran menuju pantai Desa Amahusu kurang menguntungkan.
Ambon (ANTARA News) - Memasuki hari keempat lomba layar Internasional Darwin - Ambon, tercatat lima perahu peserta lomba layar belum masuk finish di pantai Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kelima perahu layar tersebut masing - masing, perahu Maralinga dengan kapten John Jordan, Pandora dengan kapten Rick Setter, Shady Lady dengan kapten Peter Charles, Solace III dengan kapten Roger Hatten dan perahu Wicked dengan kapten Danny Foley, kata Ketua panitia lomba layar asal Darwin (Australia Utara), Robin Tix, di Ambon, Rabu.

Robin menjelaskan, dua dari lima perahu yang belum tiba itu masing - masing Maralinga dan Pandora akan tiba hari ini, Rabu (27/7), diperkirakan pada pukul, 17:00 WIT.

Sedangkan tiga lainnya belum bisa diperkirakan karena belum memasuki perairan pulau Ambon, Ujarnya.

"Angin kurang bersahabat dengan para peserta sehingga pelayaran menuju pantai Desa Amahusu kurang menguntungkan," kata Robin.

Sedangkan perahu peserta yang sudah tiba hingga Rabu pagi sebanyak 12 dari 17 perahu peserta lomba layar.

Robin menjelaskan, perahu yang tiba pertama di pantai Amahusu sejak dilepas dari pantai Darwin (Australia Utara), Sabtu (23/7), adalah Fantasia dengan Kapten Andrew Stransky bersama lima anak buahnya itu tiba, Senin (25/7) pada pukul 20.30 WIT.

Sedangkan yang masuk urutan dua dan seterusnya pada hari Selasa (26/7), yakni perahu Walk on the Wildside dengan kapten Garth Curran, perahu Freedom Express dengan kapten Ross Mc Combe , perahu Australian Maid dengan kapten John Wardill, perahu Sue Sea dengan kapten Brian Todd, perahu XScape dengan kapten Andrew Boller dan perahu Game Set dengan kapten John Mulkearns.

"Perahu yang masuk finish hari ini, Rabu (27/7) sejak pagi hari yakni , Even Karma dengan kapten John Hardy, perahu Breakaway VI dengan kapten Alan Chalk, perahu Kuching dengan kapten Bruce Panting, Perahu Raucous dengan kapten Bob Colman dan perahu Kind of Blue dengan kapten Dick van der Waaij," katanya.

Selain 17 perahu layar peserta lomba, ada juga dua perahu layar yang ikut dalam kegiatan relly yakni perahu Parley dengan Kapten Ray Jones dan perahu Scot Free II dengan kapten Barrie Morgan yang sudah tiba di pantai Amahusu sejak Minggu, (24/7).

" Jadi sampai dengan pagi hari Rabu sudah ada 14 buah perahu layar yang tiba di pantai desa Amahusu, " kata Robin.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011