Jakarta (ANTARA) - Pasangan selebritas Baim Wong dan Paula Verhoeven menekankan pentingnya menyaring informasi yang baik dalam belajar menjadi orangtua saat membesarkan kedua buah hati mereka.

"Kita harus lebih aktif mencari informasi (dalam merawat anak), tapi saring juga informasinya. Maksimalkan apa yang kita tahu dan punya biar hasilnya optimal," kata Paula dalam webinar pada Kamis.

Baca juga: Baim Wong belajar catur dari Chelsie Monica

Baim menimpali, pasangan itu berusaha mencari informasi dari orang-orang yang terpercaya seperti pakar atau dokter agar informasi yang disampaikan akurat.

Sebagai orangtua yang anaknya masih dalam proses tumbuh kembang, Baim dan Paula menyeimbangkan aktivitas untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama buah hati. Di tengah aktivitasnya, Baim berusaha berinteraksi dengan anak pada pagi hari dan sebelum tidur.

Di sisi lain, Paula berusaha meminimalkan aktivitas di luar rumah karena perhatiannya semakin tersita dengan kehadiran anak kedua.

"Kalau kesibukan di rumah, sebisa mungkin ada waktu buat mereka kalau harus kerja kebanyakan di rumah. Kalau pergi ke luar diusahakan cuma sebentar saja," ujar Paula.

Sebagai orangtua, baik Paula maupun Baim mengaku tak pernah berhenti belajar sebagai orangtua. Sebab, tantangan yang dihadapi orangtua kian bervariasi seiring perkembangan anak.

Baca juga: Rahasia sukses Baim Wong hilangkan perut buncit

"Misalnya, sudah potty training tapi ada momen enggak mau pup dan pipis di toilet, aku selalu cari tahu bagaimana biar tumbuh kembang anak baik dan maksimal, harus belajar terus," ujar Paula.

Hal penting lainnya adalah menyeragamkan pola asuh kepada orang-orang terdekat agar tercipta konsistensi. Menurut Paula, dia memberikan pengertian kepada orang-orang yang dekat dan kerap berinteraksi dengan buah hatinya agar bisa menanamkan nilai-nilai yang sama.

Di tengah pandemi COVID-19, pasangan ini mencari solusi yang bisa dilakukan secara praktis tanpa harus ke luar rumah untuk urusan anak, termasuk posyandu daring.

"Jadi kita masih bisa pantau kesehatan anak dari rumah, kesehatan itu investasi utama," katanya.

Frisian Flag Indonesia memperkenalkan program posyandu dalam platform daring dan luring. Platform posyandu online yang digagas FFI bernama Akademi Keluarga Prima. Orang tua mendapat kemudahan memonitor secara mandiri tumbuh kembang anak lewat fitur seperti Rapor Tumbuh Kembang Prima untuk memantau perkembangan tumbuh kembang anak sesuai dengan grafik pertumbuhan WHO dan CDC yang juga menjadi referensi nasional.

Tersedia juga fitur Parenting Style Test untuk mengetahui pola asuh orang tua yang sesuai dengan karakter anak sehingga tumbuh kembangnya dapat maksimal serta fitur EmoMeter, untuk mengetahui kondisi dan perkembangan kecerdasan sosial dan emosional anak.


Baca juga: Baim Wong ditunjuk sebagai "brand ambassador" MPL Indonesia

Baca juga: Kiat Baim Wong usir kejenuhan saat pandemi COVID-19

Baca juga: Kiano jadi duta merek "skincare" anak-anak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022