Yang jelas persyaratan dari PSSI tersebut bisa kami penuhi, karena tidak ada pilihan lain jika tim ingin bermain di kompetisi profesional.
Jayapura (ANTARA News) - Manajemen tim Persipura Jayapura tidak mempermasahkan persyaratan yang diajukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait tim yang akan berkompetisi di Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011/2012 mendatang.

Ketua harian Persipura, La Siya, di Jayapura, Sabtu, mengatakan manajemen tim yang dijuluki Mutira Hitam itu siap melengkapi semua persyaratan dari PSSI.

"Kami sudah memndaftar ke PSSI 10 Agustus lalu. Kami juga tidak mempersoalkan besarnya nilai deposit Rp5 miliar yang ditentukan PSSI, serta menyiapkan anggaran Rp15 miliar membiayai sekali putaran liga," katanya.

Menurut dia, jika tim lain bisa melakukan hal tersebut, maka Persipura juga tentu bisa, dan saat ini manajemen tim ini tinggal memenuhi persyaratan tersebut.

"Yang jelas persyaratan dari PSSI tersebut bisa kami penuhi, karena tidak ada pilihan lain jika tim ingin bermain di kompetisi profesional," ujarnya.

La Siya menambahkan, PSSI sendiri harus bersikap terbuka dan harus transparan mengenai masalah dana deposito yang disetorkan setiap tim peserta, jangan sampai ada tim yang tidak bisa menyelesaikan syarat finansial, namun ditutupi.

"Persyaratan yang diterapkan PSSI sangat ketat. Namun, kami optimistis sanggup memenuhinya, mulai dari aspek legal, finansial atau pendanaan, infrastruktur, personel atau sumber daya manusia, serta dukungan ataupun kepedulian tim membina pemain-pemain muda usia," terangnya.

PSSI sendiri telah menetapkan format baru kompetisi liga profesional, di mana persyaratan untuk mengkategorikan masing-masing tim masuk level 1 atau level 2.

Batas penyerahan seluruh persyaratan, sendiri ditetapkan Senin 22 Agustus mendatang. Persyaratan yang tak kalah pentingnya adalah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Asian Football Confederation (AFC), agar setiap tim bisa ikut dalam ajang itu. (KR-MBK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011