Saya berharap pemerintah, khususnya Menteri Perhubungan, segera menuntaskan pembangunan Pelabuhan Laut Batanjung
Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD Agustin Teras Narang mengharapkan pemerintah segera menuntaskan pembangunan Pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, yang belum selesai akibat tidak terintegrasi dengan infrastruktur lainnya.

Menurut dia, dalam keterangannya di Palangka Raya, Kalteng, Rabu, belum beroperasinya Pelabuhan Batanjung sudah mendapat perhatian Presiden Joko Widodo.

"Saya berharap pemerintah, khususnya Menteri Perhubungan, segera menuntaskan pembangunan Pelabuhan Laut Batanjung," ucapnya.

Ia mengatakan Kementerian Perhubungan perlu bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam membangun infrastruktur jalan ke pelabuhan tersebut.

Senator asal Kalimantan Tengah itu mengatakan jalan tersebut juga diperlukan untuk mengembangkan lumbung pangan di Kalteng.

"Pelabuhan ini penting ditindaklanjuti mengingat ada program food estate di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau di Kalteng," kata Teras.

Menurut dia, saat dirinya menjabat Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015, pelabuhan tersebut sudah didorong pembangunannya karena perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga pengoptimalan potensi daerah.

Anggota DPR periode 1999-2004 dan 2004-2005 itu juga mengatakan, awalnya pelabuhan diharapkan terintegrasi dengan jaringan rel kereta di Kalteng sepanjang 480 km.

"Saya dalam berbagai setiap reses, termasuk di Kecamatan Kapuas Kuala, sering menerima masukan dari masyarakat agar Pelabuhan Batanjung dan pembangunan rel kereta apa itu dapat segera dilanjutkan," ujar Teras.

Sementara itu, Camat Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Inop saat berdialog dengan Teras melalui daring juga meminta Pelabuhan Batanjung segera dituntaskan untuk menopang perekonomian serta meningkatkan pendapatan daerah.

"Kami mohon agar pemerintah pusat memperhatikan. Apalagi food estate sudah jalan, sehingga Pelabuhan Batanjung ini perlu segera difungsikan," kata Inop.

Baca juga: Anggota DPD: Kepala Otorita IKN kaya pengalaman dan saling melengkapi
Baca juga: Anggota DPD sebut RUU Provinsi Kalimantan Tengah perhatikan lima isu
Baca juga: Anggota DPD: Pusat bantu daerah percepat digitalisasi pelayanan publik

Pewarta: Kasriadi/Jaya M Manurung
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022