Jakarta (ANTARA) - Persipura Jayapura menjaga asa bertahan dalam Liga 1 Indonesia musim depan usai mengalahkan PSS Sleman 4-2 pada pekan ke-32 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Minggu.

Empat gol Persipura dicetak oleh Elisa Basna, Yehven Bokhasvili, Ferinando Pahabol dan Kristof Yoku, sedangkan gol PSS Sleman lahir dari Wander Luiz dan Irkham Mila.

Kemenangan ini tak mengubah Persipura pada posisi ke-16 klasemen Liga 1 dengan 30 poin, berselisih tiga poin dari PSS yang berada pada peringkat 14, demikian catatan Liga Indonesia.

PSS mengambil inisiatif menyerang sampai unggul pada menit ke-6 melalui Wander Luiz setelah menerima bola muntah dari tendangan Riki Dwi.

Ramdani Lestaluhu memiliki kesempatan menggandakan keunggulan ketika  melepaskan tembakan keras, namun dihalau lini pertahan Persipura.

Persipura terus menekan lini pertahanan PSS hingga akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-21 ketika Elisa Basna mencetak gol sehingga kedudukan berubah 1-1.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim bermain terbuka, namun skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Bhayangkara cukur Persela empat gol tanpa balas

PSS kembali unggul pada menit ke-53 melalui tendangan keras Irkham Mila yang membobol sisi kiri gawang Persipura untku mengubah skor menjadi 2-1.

Persipura memiliki peluang emas menyamakan kedudukan ketika mendapatkan hadiah penalti setelah Asyraf Gufron menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang pada menit ke-67.

Yehven Bokhasvili yang maju sebagai algojo menjalankan tugas dengan baik setelah tembakannya tidak bisa dihalau dengan sempurna oleh Miswar Saputra yang kedudukan menjadi 2-2.

PSS kembali mengancam gawang ersipura ketika Kanu Helmiawan yang merangsek ke kotak penalti Mutiara Hitam, tetapi tendangannya tidak  menemui sasaran.

Tim Super Elang Jawa kembali memiliki peluang emas setelah mendapatkan hadiah penalti karena Muhammad Tahir melanggar Riki Dwi, namun Wander Luiz gagal menjalankan tugas sebagai algojo ketika tendangannya  membentur tiang gawang.

Persipura berbalik unggul pada menit ke-88 setelah Ferinando Pahabol mencetak gol usai menerima umpan dari Ramai Rumakiek.

Kristof Yoku memastikan kemenangan 4-2 bagi Persipura pada menit 90+2 setelah menyambut bola muntah dari tendangan Ricky Cawor.

Baca juga: Widodo kecewa Persita gagal jaga keunggulan lawan PSIS

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022