Lamongan (ANTARA News) - Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC melakukan verifikasi terhadap tim Persela Lamongan dalam kesiapan dan kelayakannya untuk mengikuti kompetisi Liga Super Indonesia 2011/2012.

Tim Verifikasi AFC yang datang ke markas Persela Lamongan, Jawa Timur, Rabu, terdiri dari empat orang, yakni Alisher Nikimbaev ( (Manajer Sepak Bola Profesional), Shahin Rahmani (Manajer Media), Benjamin Tan (Manajer Kompetisi), dan Avin (Manajer Audit Keuangan).

Didampingi dua perwakilan PSSI, personel AFC memverifikasi lima aspek yang menjadi syarat utama klub profesional, yaitu legal (badan hukum), administrasi, infrastruktur, keuangan, dan "supporting".

Saat meninjau Stadion Surajaya Lamongan yang menjadi kandang Persela, tim AFC memberikan saran untuk membenahi dan menambah fasilitas bagi media sebelum batas akhir pada 14 Oktober 2011.

Sebelumnya, tim berjuluk "Laskar Joko Tingkir" itu, telah menyerahkan berbagai persyaratan untuk verifikasi klub profesional kepada PSSI.

Manajer Sepak Bola Profesional AFC Alisher Nikimbaev mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara terakhir yang menjalani verifikasi klub profesional bersama Uni Emirat Arab.

Beberapa waktu sebelumnya, AFC telah melakukan verifikasi ke hampir seluruh negara di Asia, seperti Korea Selatan dan China.

Alisher menjelaskan, kesimpulan dari hasil peninjauan lapangan dan pengecekan data klub di Indonesia akan dikirim ke AFC, untuk diputuskan kelayakannya melalui rapat Komite Eksekutif AFC, sesuai standar di Asia.

"Proses verifikasi ini, terutama terkait kelayakan untuk mengikuti kompetsi Liga Champions Asia selama tiga musim ke depan, yakni 2012 hingga 2014," ucap Alisher.

Pada kesempatan itu, ia sempat memberikan pujian kepada manajemen Persela yang telah memiliki rencana bisnis jangka panjang, kendati masih belum bagus.

"Kami menghargai upaya-upaya yang sudah dilakukan klub, meski perlu ada perbaikan lebih lanjut," tambahnya.

Sementara itu, Asisten Manajer Persela Yuhronur Efendi menyatakan optimistis timnya akan lolos verifikasi untuk mengikuti kompetisi Liga Super Indonesia yang dijadwalkan mulai 15 Oktober mendatang.

"Kami sudah memenuhi semua aspek persyaratan yang ditentukan PSSI dan AFC. Beberapa fasilitas yang dianggap masih kurang maksimal, segera kami benahi sebelum kompetisi bergulir," katanya.

(T.D010/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011