Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics dihadapkan kepada tantangan untuk menjaga tren positif di tengah tuntutan rotasi lantaran beberapa pemain mereka mulai dilanda kelelahan dan kondisi fisik yang tak sepenuhnya bugar.

Celtics baru saja mengantungi kemenangan keenam beruntun mereka dengan menjinakkan Minnesota Timberwolves 134-112 di Massachusetts, Minggu waktu setempat (Senin WIB), guna melompat naik ke puncak klasemen sementara Wilayah Timur NBA.

Namun, kemenangan itu menyisakan situasi yang tak ideal bagi Celtics karena center mereka Robert Williams III, yang mencetak 13 poin dan 10 rebound, harus menepi dalam keadaan terpincang-pincang pada akhir kuarter ketiga dan tak lagi kembali melantai di sisa laga.

Pihak tim menyatakan bahwa bahwa lutut kiri Williams terkilir dan pelatih kepala Ime Udoka mengatakan pemainnya itu mengalami "agak sakit" tapi kondisinya baru dipastikan setelah pemindaian pada Senin setempat.

Baca juga: Celtics ke puncak Timur seusai taklukkan Timberwolves dan Sixers kalah

Situasi itu menambah rumit keadaan Celtics yang di laga kontra Timberwolves juga sudah tak diperkuat bigman mereka lainnya, Al Horford, yang absen karena alasan pribadi dan kemungkinan masih menepi untuk pertandingan berikutnya melawan Toronto Raptors pada Senin setempat (Selasa WIB).

Dua bintang utama Celtics, Jayson Tatum dan Jaylen Brown, juga sempat menjalani pemeriksaan atas rasa sakit di lutut mereka sebelum dinyatakan bisa bermain melawan Timberwolves.

Keadaan itu memaksa Udoka mengakui bahwa beberapa pemain kemungkinan besar bakal menepi saat mereka menjamu Raptors besok.

Baca juga: Jaylen Brown merasa Celtics sedang berada di puncak performa prima

"Soal istirahat, itu hal yang terpenting. Kami memiliki beberapa pemain yang mengalami sedikit luka saat ini dan ini harus disikapi dengan cermat," kata Udoka dikutip dari situs resmi NBA, Senin.

Rotasi tersebut jelas mengancam kedudukan Celtics di puncak Timur mengingat persaingan empat besar klasemen begitu padat merayap.

Celtics memiliki catatan menang kalah 47-28 setara dengan Miami Heat dan berada di puncak hanya berbekal catatan head-to-head sementara 2-1, sebelum melakoni pertemuan pemungkas musim ini pada Rabu (30/3).

Celtics juga hanya unggul setengah gim dibandingkan posisi ketiga Milwaukee Bucks (46-28) dan Philadelphia 76ers (46-28).

Udoka mengaku tidak terlalu masalah apakah timnya harus bertemu siapa di putaran pertama playoff nanti dan ia hanya memprioritaskan keuntungan jumlah gim tandang, yang artinya empat besar adalah target utamanya.

"Persaingan terlalu ketat untuk mencoba memanipulasi dan memilih siapa lawan kami nanti. Yang utama adalah keuntungan gim tandang, sisanya biarkan berjalan sebagaimana mestinya," kata Udoka.

Baca juga: Jayson Tatum masih panas, Celtics lewati Thunder 132-123

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022