Padang (ANTARA News) - Sebanyak 23 atlet peraih medali pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) XII di Batam menerima bonus dari Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumatera Barat.

"Ada Rp49,25 juta total bonus yang dibagikan untuk 23 atlet peraih medali emas, perak dan perunggu pada ajang Pomnas di Batam," kata Ketua Umum Bapomi Sumbar Alizamar di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, dari total bonus tersebut, Rp36 juta diserahkan untuk atlet, sementara sisanya Rp13,25 juta untuk pelatih yang sukses mengantarkan atlet meraih medali.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk atlet yang sukses meraih medali emas nomor perorangan pada ajang tersebut Bapomi memberikan bonus Rp2,5 juta, sementara perak Rp1,5 juta dan perunggu Rp1 juta.

Sedangkan peraih medali emas pada nomor beregu Bapomi memberikan apresiasi senilai Rp6 juta.

Ia menambahkan, apresiasi berupa bonus bagi atlet peraih medali pada Pomnas di Batam pantas diberikan karena atlet tersebut telah menunjukkan prestasi terbaik dan membawa kontingen Sumbar menduduki peringkat tujuh dari 33 provinsi yang mengikuti ajang tersebut.

Pada Pomnas XII yang berlansung di Batam, 18-24 September 2011, kontingen Sumbar yang mengikuti lima cabang yang dipertandingkan yakni atletik, karate, renang, pencak silat, dan sepak takraw berhasil meraih lima medali emas, lima perak dan sembilan perunggu.

Adapun cabang yang berhasil meraih medali emas yakni pencak silat dan sepak takraw masing-masing dua medali emas, serta renang satu emas.

Sementara perak diraih lewat cabang atletik tiga medali, karate dua medali, sedangkan medali perunggu dari cabang pencak silat empat medali, renang dan karate masing-masing dua medali, serta atletik satu medali.

Dikatakannya, dengan adanya bonus dari Bapomi diharapkan ke depannya para atlet mampu berprestasi lebih baik lagi pada ajang tersebut untuk mengangkat prestasi olahraga Sumbar di tingkat nasional. (ANT-275/R014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011