Rencana saya saat ini termasuk Madrid dan Roma
Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic mengatakan bahwa dia bertekad melakukan persiapan sebaik mungkin untuk French Open dengan mengikuti Madrid Masters dan Italian Open menjelang turnamen major tersebut.

Petenis nomor satu dunia itu dideportasi dari Australia menjelang Australian Open pada Januari karena status vaksinasi COVID-19, sebelum dia melewatkan Indian Wells dan Miami Open di Amerika Serikat.

Dengan absennya bintang Serbia itu, Rafael Nadal memenangi rekor gelar tunggal putra Grand Slam ke-21 di Melbourne, menggeser Djokovic dan Roger Federer.

Baca juga: Djokovic mengaku kehabisan tenaga hingga kalah di Monte Carlo

Djokovic berharap bisa menyamai rekor rival besarnya itu di French Open, yang dimulai pada 22 Mei.

"Roland Garros adalah turnamen lapangan tanah liat klasik dan saya sebagian sudah memikirkannya, dalam hal persiapan dan semua yang saya lakukan saat ini untuk sampai ke sana sesiap mungkin," kata Djokovic, yang memulai turnamen ketiganya musim ini di Beograd, dikutip dari AFP, Rabu.

Petenis berusia 34 tahun itu juga mengatakan dia berencana untuk bermain di Madrid Masters dan Italian Open sebelum di Roland Garros.

"Rencana saya saat ini termasuk Madrid dan Roma," ujar Djokovic.

"Itu tergantung, sungguh, pada hasil saya di sini dan bentuk permainan saya. Kami akan memutuskan nanti."

Djokovic kalah dalam pertandingan pembukaannya di Monte Carlo Masters pekan lalu dari Alejandro Davidovich Fokina, yang akhirnya menjadi runner-up, setelah tersingkir di perempat final di Dubai pada Februari.

"Saya tidak sepenuhnya siap untuk turnamen di Monte Carlo dan saya tahu itu sebelum turnamen dimulai," kata Djokovic.

Baca juga: Djokovic dapat lampu hijau dari penyelenggara French Open

"Namun, saya membutuhkan latihan pertandingan dan ini adalah permukaan (tanah liat) yang membutuhkan banyak waktu yang dihabiskan di lapangan selama sesi latihan, dan bahkan lebih selama pertandingan."

"Saya berharap bisa memainkan lebih banyak pertandingan di Beograd daripada di Monte Carlo."

Djokovic memenangi turnamen ATP di ibu kota Serbia itu musim lalu, sepekan sebelum dimulainya French Open, yang dia menangi untuk kedua kalinya meski tertinggal dua set dari Stefanos Tsitsipas di final.

"Saya belum pernah memainkan turnamen dalam sepekan sebelum Roland Garros, tetapi tahun lalu saya memutuskan untuk melakukan hal itu."

"Karena itu Beograd dan saya membutuhkan perasaan bahwa penonton mendukung saya. Itu menjadi kenyataan, saya memenangi turnamen, dan ternyata saya membuat keputusan yang baik menjelang French Open."

Unggulan teratas Djokovic akan menghadapi rekan senegaranya saat memasuki turnamen di babak kedua -- Laslo Djere atau Hamad Medjedovic.

Djokovic bisa saja berhadapan dengan mantan juara US Open dan finalis dua kali French Open Dominic Thiem di perempat final, saat petenis Austria itu memainkan turnamen ATP pertamanya sejak Juni lalu setelah serangkaian cedera.

Baca juga: Djokovic bermain bola bersama Neymar di Monte Carlo
Baca juga: Djokovic akan gunakan pengalaman sulitnya sebagai pemicu musim ini

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022