Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz mengalahkan unggulan teratas Stefanos Tsitsipas dalam tiga set penuh jungkir balik untuk mencapai semifinal Barcelona Open, Jumat waktu setempat, sekaligus menjadi pemain termuda sejak Rafael Nadal pada 2005 yang mencapai 10 besar dunia.

Petenis Spanyol berusia 18 tahun itu mengalahkan peringkat lima dunia Tsitsipas yang mempertahankan gelarnya di Monte Carlo Masters akhir pekan lalu, dengan 6-4 5-7 6-2.

Alacaraz akan menjadi remaja pertama yang masuk 10 besar sejak Andy Murray pada 2007 saat daftar peringkat ATP dirilis, Senin. Alcaraz juga akan menjadi petenis termuda sejak rekan senegaranya dan juara Grand Slam 21 kali Nadal 17 tahun lalu.

"Mungkin kemenangan terbesar saya di lapangan tanah liat. Sungguh luar biasa," kata Alcaraz usai pertandingan seperti dikutip AFP. "Pertandingan yang luar biasa, atmosfer lapangan yang luar biasa yang saya jalani hari ini. Semuanya luar biasa."

Kemenangan ke-21 Alcaraz pada 2022 itu seharusnya bisa diselesaikan dengan dua set langsung ketika dia memimpin 4-1 pada set kedua.

Namun, Alcaraz bangkit dan melaju melewati set penentuan untuk meretas pertarungan semifinal melawan petenis Australia Alex De Minaur ketika dia berusaha merebut gelar ketiga tahun ini setelah Rio dan Miami Masters.

Kemenangan Alcaraz merupakan yang ketiga dalam tiga pertemuan melawan Tsitsipas.

Baca juga: Swiatek kalahkan Raducanu maju ke semifinal Stuttgart Open

Sementara itu, De Minaur mengalahkan unggulan keempat Inggris Cameron Norrie 6-3 5-7 6-1 dalam perempat final Jumat.

Sebelumnya pada hari itu, Norrie membutuhkan tiga setengah jam yang melelahkan untuk mengalahkan Marton Fucsovics 7-5 6-7 (9/11) 6-4 dalam pertandingan babak ketiganya yang tertunda karena hujan pada Kamis.

Sebaliknya, De Minaur membukukan tempat perempat final ketika petenis Afrika Selatan Lloyd Harris mundur setelah kehilangan set pertama 6-0.

Pada partai semifinal lainnya Pablo Carreno Busta akan bertemu Diego Schwartzman.

Carreno Busta menyelamatkan tiga match point pada set kedua melawan unggulan kedua Casper Ruud dari Norwegia dan kemudian mengatasi break awal dalam set penentuan untuk menang 4-6 7-6 (8/10) 6-3 setelah bertanding selama tiga jam.

"Saya amat sangat senang atas kemenangan ini," kata petenis Spanyol berusia 30 tahun yang mengalahkan Lorenzo Sonego dalam tiga set lainnya sehari sebelumnya. "Saya kehilangan set setelah bermain tiga jam pagi ini, jadi amat sangat sulit untuk kembali."

Schwartzman, unggulan keenam, melaju ke semifinal setelah mengalahkan unggulan ketiga Felix Auger-Aliassime 3-6 6-2 6-3.

Pada babak ketiga petenis Argentina itu menghabiskan lebih dari empat jam sebelum mengalahkan Lorenzo Musetti, 6-4 7-5.

Baca juga: Zverev satu suara dengan petenis yang menentang larangan Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022