Washington (ANTARA News/AFP) - Amerika Serikat (AS) menegaskan bahwa Eropa perlu bertindak segera untuk menyerang krisis utang zona euro sehubungan Presiden AS, Barack Obam,a menjadi tuan rumah pertemuan puncak dengan para pejabat Eropa.

Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-Eropa dilakukan di tengah peringatan baru yang mencolok tentang kedalaman gejolak zona euro dan kekhawatiran baru bahwa paparan ke Eropa dari bank-bank AS bisa memukul pemulihan ekonomi AS yang lambat.

"Ini adalah sesuatu yang mereka butuhkan untuk menghentikan krisis dan mereka memiliki kapasitas untuk mengentikannya," kata jurubicara Gedung Putih, Jay Carney.

Ia menimpali, "Posisi kami adalah bahwa hal itu penting bagi Eropa untuk bergerak dengan kekuatan dan ketegasan sekarang, terutama dengan pemerintah-pemerintah baru datang ke tempatnya di Italia, Yunani dan Spanyol."

Obama menerima tamu Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy, Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso, Perwakilan Tinggi, Catherine Ashton, dan para pejabat untuk pembicaraan dan makan siang di Gedung Putih.

Pembicaraan, juga termasuk Menlu AS Hillary Clinton dan Menteri Keuangan Timothy Geithner, dibuka dengan singkat dan kemudian menyimpulkan dengan pernyataan dari kedua belah pihak.
(Uu.A026)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011