per jam 3 sore, ada 38.000 pengunjung
Jakarta (ANTARA) - Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol saat  Festival Raya Gembira 2022 atau bertepatan
libur Hari Raya Waisak mencapai  38.000 orang.

Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta, Senin, menjelaskan, pengunjung Senin ini tak sebanyak Minggu (15/5), kendati masih ada rangkaian acara Festival Raya Gembira seperti pertunjukan musik (live music) dan festival kuliner.

"Alhamdulillah, hari ini per jam 3 sore, ada 38.000 pengunjung. Semalam (15 Mei) lebih ramai, terjual habis 1.500 tiket (Festival Musik di Pantai Festival Ancol), sama seperti pas tanggal 7 Mei," katanya.

Sementara, lanjutnya, jika total kunjungan pada Minggu (15/5) sebanyak 50.000 orang dan tersebar di seluruh unit rekreasi Ancol.

Eko menjelaskan, kalau diambil rata-rata pengunjung selama libur panjang tiga hari terakhir maka rata-rata kunjungan sekitar 39.333 pengunjung per hari.

Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol perkirakan pengunjung 55.000 orang per hari

Tapi kalau data pengunjung saat Lebaran dimasukkan, maka nilai rata-rata pengunjung Ancol tersebut bisa lebih tinggi lagi.

"Jadi pengunjung 'long weekend' kali ini belum setinggi waktu Lebaran hari ketiga sampai hari kelima kemarin," kata Eko.

Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol dapat menikmati ragam makanan di deretan stan penjual makanan (food stand) di kawasan Pantai Festival Ancol sembari menikmati lantunan musik sebagai bagian acara yang diadakan oleh Ancol bertajuk Festival Raya Gembira tersebut.

Tempat-tempat menarik antara lain tersebar mulai dari kawasan Symphony of The Sea di area timur Ancol, di Pasar Seni Ancol dan Pantai Festival.

Eko menambahkan, biasanya dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB adalah waktu puncak karena  jumlah pengunjung Ancol di pintu gerbang saat itu dapat mencapai titik tertinggi.

Baca juga: H+1 Lebaran, pengunjung Taman Impian Jaya Ancol meningkat 58 persen

Setelah itu, perlahan-lahan pengunjung mulai bisa stabil kembali.

Pada Lebaran tahun ini pemerintah memberikan pelonggaran terkait aturan PPKM, namun Manajemen Ancol tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kuota kunjungan masih mengikuti peraturan yaitu dibatasi pada 75 persen dari kapasitas maksimal.

Tiket masuk Ancol hanya bisa dibeli secara daring dan maksimal H-1 sebelum kunjungan.

Kepada pengunjung diimbau untuk memiliki aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel masing-masing karena di Pintu Gerbang Ancol, petugas akan mewajibkan pengunjung memindai (
scan) kode batang (barcode) yang tersedia dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Ancol bolehkan pengunjung parkir di tempatnya untuk shalat Id di JIS

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022