Jakarta (ANTARA) - Bintang Golden State Warriors Stephen Curry mengaku bersyukur dirinya bisa menghindari ancaman cedera parah yang membayangi dan mampu membawa timnya memenangi Gim 4 Final NBA 107-97 atas Boston Celtics di TD Garden, Jumat (10/6) waktu setempat.

Dua hari yang lalu, Curry sempat mengalami cedera setelah tertimpa pemain Celtics Al Horford dalam situasi perebutan bola liar di pertengahan akhir kuarter keempat.

Curry saat itu segera meninggalkan lapangan sembari meringis kesakitan memegangi kaki kirinya, tapi ia bisa kembali melantai lagi sebelum diistirahatkan oleh pelatih kepala Warriors Steve Kerr di sisa dua menit terakhir.

Adegan cederanya Curry sempat menimbulkan kekhawatiran di antara penggemar Warriors apakah pebasket berusia 34 tahun itu bakal bisa melantai untuk Gim 4.

Nyatanya kondisi Curry dianggap cukup baik hingga tak perlu menjalani pemindaian MRI dan peraih dua kali penghargaan Pemain Terbaik (MVP) NBA itu merebut sorot lampu Gim 4 dengan meraup 43 poin untuk membantu Warriors meraih kemenangan.

"Kami tahu betapa pentingnya gim ini," kata Curry selepas pertandingan seperti dilansir Reuters, Sabtu.

"Saya hanya berterima kasih kepada Tuhan bisa menghindari cedera parah. Dan bahwa kami bisa bermain dan meraih kemenangan sebelum pulang. Penerbangan lima setengah jam nanti akan terasa lebih baik," ujarnya menambahkan.

Curry mengkonversi tujuh dari 14 percobaan tembakan luar busur yang ia lepaskan, termasuk salah satunya saat menutup rentetan 10 poin tanpa balas yang membuat Warriors membalikkan ketertinggalan empat poin jadi keunggulan 100-94 atas Celtics pada sisa waktu satu menit 42 detik.

"Sungguh mencengangkan. Fisiknya berada dalam kondisi terkuat yang pernah ia perlihatkan sepanjang karier, dan itu memberinya kesempatan melakukan apa yang ia lakukan tadi," kata Kerr.

Andrew Wiggins jadi sosok yang paling krusial membantu performa gemilang Curry dengan mengemas 17 poin dan 16 rebound. Wiggins juga berperan besar dalam mengawal pertahanan Warriors dari ancaman serangan Celtics.

Berkat kemenangan ini Warriors kini mengimbangi Celtics 2-2 dan mereka akan memainkan Gim 5 sebagai tuan rumah di Chase Center pada Senin (13/6) waktu setempat.

Warriors tentu ingin merebut kemenangan di kandang sendiri itu untuk memperoleh keunggulan pertama mereka di seri ini. Terlebih lagi statistik mencatat bahwa dalam 30 situasi Final NBA di mana kedudukan sempat imbang 2-2, 73 persen tim yang memenangi Gim 5 keluar sebagai juara.

"Saya pikir kedua tim akan mengerahkan setiap tetes keringat dan segenap emosi di sisa seri ini," tutup Kerr.

Baca juga: Gim 4 Final NBA: Warriors butuh sosok selain Curry berperan lebih
Baca juga: Ime Udoka terima kenyataan Celtics harus lalui jalan terjal
Baca juga: Statistik Gim 4 Final NBA: Akurasi tripoin Curry begitu mencolok
Baca juga: Curry borong 43 poin, Warriors rebut Gim 4 demi imbangi Celtics 2-2

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022